Belum Terungkap Sampai Sekarang, Fenomena Badai Bola Petir Sudah Diamati 750 Tahun Lalu

Kamis, 27 Januari 2022 - 10:09 WIB
Sebelum, laporan paling awal dari fenomena alam Petir Bola dari Inggris adalah ketika terjadi badai besar di Widecombe, Devon pada 21 Oktober 1638. Tulisan abad pertengahan jarang bertahan dalam versi asli penulis dan Gervase's Chronicle dan karya lainnya sekarang hanya ada dalam tiga manuskrip (satu di British Library, dan dua di University of Cambridge).



Teks Latin diedit oleh Uskup William Stubbs pada tahun 1879 dan tidak ada terjemahan ke dalam bahasa Inggris. Profesor Giles Gasper, di Departemen Sejarah, Universitas Durham, mengatakan fokus utama tulisan-tulisan Gervase sebnarnya adalah tentang Biara Katedral Gereja Kristus di Canterbury.

Termasuk, perselisihannya dengan rumah-rumah tetangga dan Uskup Agung Canterbury, serta mencatat tindakan raja dan para bangsawannya. “Tapi dia juga tertarik pada fenomena alam, dari peristiwa langit dan tanda-tanda di langit hingga banjir, kelaparan, dan gempa bumi," katanya.

Para peneliti melihat kredibilitas Gervase sebagai penulis dan saksi, setelah sebelumnya meneliti catatan gerhana dan deskripsi pemisahan citra bulan sabit. "Mengingat Gervase adalah reporter yang andal, kami percaya bahwa deskripsinya tentang bola api di Sungai Thames pada 7 Juni 1195 adalah laporan pertama yang sepenuhnya meyakinkan tentang petir bola petir," kata Profesor Gasper.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More