Dukung Pasukan Dirgantara Rusia, Roket Soyuz Luncurkan Satelit Intelijen

Jum'at, 08 April 2022 - 09:01 WIB
Roket Soyuz sebelumnya lepas landas dari Kosmodrom Plesetsk., 800 kilometer di utara Moskow, Rusia. Foto/ Kementerian Pertahanan Rusia
MOSKOW - Rusia meluncurkan satelit intelijen dengan roket Soyuz 2.1b dari Kosmodrom Plesetsk, Kamis 7 April 2022 pukul 11:20 waktu setempat. Satelit sinyal elektronik Lotos-S1 ditempatkan di orbit Bumi rendah sekitar 900 km untuk mendukung Pasukan Dirgantara Rusia atau Russian Aerospace Forces (VKS).

Satelit seri Lotos, 6 di antaranya telah diluncurkan, merupakan pengganti satelit pengintai Tselina dan US-PM dari era Soviet. Sejak tahun 1990-an, Program Liana melalui satelit Lotos dan Pion bertujuan membawa pesawat ruang angkasa pengintai dan intelijen yang lebih baik untuk mendukung sistem senjata Rusia.

Dikutip SINDOnews dari laman nasaspaceflight, Jumat (8/4/2022), satelit Lotos secara khusus akan menggantikan seri Tselina-2, diluncurkan mulai tahun 1980-an selama lebih dari dua dekade, dengan tujuan khusus kecerdasan sinyal elektronik (ELINT). Sistem ini melibatkan penyadapan sinyal radio dan menyampaikan informasi yang dikumpulkan untuk analisis militer.



Satelit Lotos-S1 No. 5 bergabung dengan jaringan 5 satelit Lotos lainnya, dua di antaranya adalah Lotos-S, versi pengembangan dari pesawat ruang angkasa yang diluncurkan pada tahun 2009 dan 2014. Satelit Lotos-S1 yang tersisa adalah varian operasional, yang telah diluncurkan mulai tahun 2017.



Satelit N°806 adalah yang pertama dari batch baru satelit Lotos-S1 yang dipesan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada September 2017, dan tiga lagi segera diluncurkan. Satelit Lotos-S1 menggunakan propulsi onboard untuk beredar di orbit dengan kemiringan 67 derajat.



Satelit Lotos didasarkan pada bus satelit Yantar yang dibangun oleh TsSKB Progress, menyediakan tenaga dan propulsi onboard. Teknologi pengintaian – yang diimplementasikan ke dalam bus – dibangun oleh Biro Desain Arsenal KB, yang bertindak sebagai kontraktor utama untuk Program Liana.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More