Angkatan Bersenjata Luar Angkasa Rusia Luncurkan Satelit Militer dari Kosmodrom Plesetsk

Kamis, 25 November 2021 - 13:55 WIB
loading...
Angkatan Bersenjata Luar Angkasa Rusia Luncurkan Satelit Militer dari Kosmodrom Plesetsk
Angkatan Bersenjata Luar Angkasa Rusia (Russian Space Forces/RSF) meluncurkan satelit militer dengan Roket Soyuz-2 dari Kosmodrom Plesetsk, di Wilayah Arkhangelsk, Kamis (25/11/2021) pukul 04:18 waktu setempat. Foto/TASS
ARKHANGESK - Angkatan Bersenjata Luar Angkasa Rusia (Russian Space Forces/RSF) meluncurkan satelit militer dengan Roket Soyuz-2 dari Kosmodrom Plesetsk, di Wilayah Arkhangelsk, Kamis (25/11/2021) pukul 04:18 waktu Moskow. Arkhangelsk merupakan ibu kota Oblast Arkhangelsk, Rusia, memiliki luas seluas 40 km persegi dibelah oleh Sungai Dvina Utara yang bermuara ke Laut Putih.

Setelah menembus lapisan atmosfer, satelit militer ditempatkan pada orbit yang sudah ditentukan akan dipisah dari roket pendorong Soyuz-2. Kemudian satelit didorong dengan penguat Fregat mencapai orbitnya yang menghabiskan waktu beberapa jam. (Baca juga; Rusia Punya Rudal Anti-Satelit, Pentagon Bakal Umpetin Aset Luar Angkasa )

"Penguat Fregat dan pesawat ruang angkasa (satelit militer) diluncurkan untuk kepentingan Kementerian Pertahanan Rusia. Peluncuran dengan roket Soyuz-2.1b berjalan sesuai jadwal," demikian siaran pers Kementerian Pertahanan Rusia dikutip SINDOnews dari Kanto Berita TASS. (Baca juga; AS Rilis Gambar dan Video Penampakan Puing-Puing Satelit Rusia yang Hancur Ditembak Rudal )

Roket Soyuz-2 sudah melakukan uji terbang di Plesetsk pada tahun 2004 untuk menggantikan Soyuz-U. Kali ini merupakan peluncuran roket Soyuz-2 yang ke-51 oleh Pasukan RSF. Sedangkan roket Soyuz-u diketahui sejak tahun 1973 hingga 2012, sudah sebanyak 435 roket diluncurkan dari Plesetsk.

(wib)
preload video
KOMENTAR ANDA