5 Hewan Endemik Indonesia yang Eksotis, Nomor 1 Lucu dan Pemalu

Senin, 02 Mei 2022 - 18:04 WIB
Macan Tutul Jawa, salah satu hewan endemik Indonesia yang dilindungi karena populasinya yang langka. Foto/BBKSDA Jawa Barat
JAKARTA - Hewan endemik adalah hewan yang mendiami wilayah tertentu secara alami dan tidak ditemukan di wilayah lain. Di Indonesia, hewan endemik tersebar di berbagai pulau mulai dari Sumatera, Kalimantan, hingga Papua.

Jumlah hewan endemik di Indonesia sangat banyak, ada sekitar 165 jenis mamalia endemik, 397 jenis burung endemik, lebih dari 150 reptil endemik, serta lebih dari 100 ampibi endemik. Dikutip dari berbagai sumber, Senin (2/5/2022), berikut 5 hewan endemik Indonesia yang eksotis dan nyaris punah.

1. Kekah Natuna



Kekah merupakan hewan primata langka yang hanya ada di Pulau Natuna, tepatnya di Bunguran Besar, Kabupaten Natuna. Kekah Natuna memiliki postur yang imut dan dikenal sebagai satwa pemalu.



Di sekeliling kedua bola mata ada lingkaran bulat berwarna putih. Bulu rambut kepala hewan ini tegak berdiri dengan dominasi warna putih dan abu-abu, hingga warna coklat.

Kekah natuna juga masuk dalam daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN) dengan status rentan punah atau vulnerable (VU). Primata ini tersebar di beberapa tipe dan ketinggian hutan.



2. Burung Bidadari Halmahera
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More