5 Hewan Mamalia yang Sudah Punah, Nomor 2 Sangat Populer

Minggu, 12 Juni 2022 - 11:44 WIB
Sejumlah hewan mamalia sudah punah akibat faktor alam dan perburuan besar-besaran oleh manusia. Foto/wikicommons/onekindplanet
JAKARTA - Sejumlah hewan mamalia sudah punah akibat faktor alam dan perburuan besar-besaran oleh manusia. Faktor alam yang menyebabkan hewan mamalia punah di antaranya akibat pemanasan atau pendinginan iklim dan perubahan permukaan laut.

Pada zaman yang lebih modern, aktivitas manusialah yang harus disalahkan akibat kepunahan sejumlah hewan. Perusakan habitat karena perluasan lahan pertanian dan penebangan hutan juga jadi penyebab utama kepunahan modern. Berikut 5 hewan mamalia yang sudah punah dirangkum SINDOnews dari laman onekindplanet, Minggu (12/6/2022).

1. Kucing Bergigi Pedang



Kucing Bergigi Pedang. Foto/wikicommons



Kucing bergigi pedang sering disebut Harimau Bergigi Sabre atau Singa Bergigi Sabre. Spesies ini ada 55 juta hingga 11.700 tahun yang lalu. Diyakini kepunahan Kucing bergigi pedan terkait dengan penurunan dan kepunahan herbivora besar yang mereka buru. Penjelasan lain termasuk perubahan iklim dan persaingan dengan manusia.

Kucing bergigi pedang adalah karnivora yang dinamai dengan gigi taring yang memanjang seperti pisau, yang pada beberapa spesies panjangnya mencapai 50cm. Bentuk tubuh kucing bergigi pedang seperti beruang dan diyakini sebagai pemburu yang hebat. Mereka mampu berburu sloth dan mammoth. Kucing-kucing ini dapat membuka rahang mereka pada sudut 120 derajat – hampir dua kali lebih lebar dari singa modern!



2. Mammoth Berbulu
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More