4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime

Minggu, 12 Juni 2022 - 12:40 WIB
Pusaran air terbentuk ketika dua arus yang berlawanan bertemu, bisa sangat kuat dan ada yang kekuatannya kecil sekali. Foto/bayoffundy
JAKARTA - Pusaran air laut yang besar mampu menenggelamkan kapal-kapal besar yang melintas di dekatnya. Pusaran air terbentuk ketika dua arus yang berlawanan bertemu, bisa sangat kuat dan ada yang kekuatannya kecil sekali.

Di lautan, pusaran air terutama disebabkan oleh pasang surut dan mampu menenggelamkan kapal berukuran besar. Pusaran air yang memiliki downdraft disebut sebagai Vortex dalam istilah yang tepat. Berikut pusaran air terbesar dan terkenal di dunia dirangkum SINDOnews dari laman Worldatlas, Minggu (12/6/2022).

1. Pusaran Corryvreckan



Pusaran air Corryvreckan. Foto/bayoffundy



Pusaran air ini terletak di bagian utara teluk Corryvreckan, Skotlandia, dan mengelilingi puncak berbentuk piramida. Pusaran Air Corryvreckan diyakini tidak dapat dilayari oleh banyak orang dan secara resmi diklasifikasikan sebagai tidak dapat dilayari karena sangat kuat.

Teluk Corryvreckan adalah selat yang terletak di antara pulau Jura dan Scarba, Skotlandia. Topografi bawah laut daerah tersebut dan arus Atlantik yang kuat berkonspirasi untuk menciptakan gelombang pasang surut yang kuat.

Saat air pasang memasuki selat, arus mempercepat dan memenuhi berbagai fitur dasar laut seperti lubang yang dalam dan puncak yang naik. Fitur-fitur tersebut bersatu untuk membentuk pusaran air Corryvreckan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More