4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime

Minggu, 12 Juni 2022 - 12:40 WIB
loading...
4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime
Pusaran air terbentuk ketika dua arus yang berlawanan bertemu, bisa sangat kuat dan ada yang kekuatannya kecil sekali. Foto/bayoffundy
A A A
JAKARTA - Pusaran air laut yang besar mampu menenggelamkan kapal-kapal besar yang melintas di dekatnya. Pusaran air terbentuk ketika dua arus yang berlawanan bertemu, bisa sangat kuat dan ada yang kekuatannya kecil sekali.

Di lautan, pusaran air terutama disebabkan oleh pasang surut dan mampu menenggelamkan kapal berukuran besar. Pusaran air yang memiliki downdraft disebut sebagai Vortex dalam istilah yang tepat. Berikut pusaran air terbesar dan terkenal di dunia dirangkum SINDOnews dari laman Worldatlas, Minggu (12/6/2022).

1. Pusaran Corryvreckan
4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime

Pusaran air Corryvreckan. Foto/bayoffundy

Pusaran air ini terletak di bagian utara teluk Corryvreckan, Skotlandia, dan mengelilingi puncak berbentuk piramida. Pusaran Air Corryvreckan diyakini tidak dapat dilayari oleh banyak orang dan secara resmi diklasifikasikan sebagai tidak dapat dilayari karena sangat kuat.

Teluk Corryvreckan adalah selat yang terletak di antara pulau Jura dan Scarba, Skotlandia. Topografi bawah laut daerah tersebut dan arus Atlantik yang kuat berkonspirasi untuk menciptakan gelombang pasang surut yang kuat.

Saat air pasang memasuki selat, arus mempercepat dan memenuhi berbagai fitur dasar laut seperti lubang yang dalam dan puncak yang naik. Fitur-fitur tersebut bersatu untuk membentuk pusaran air Corryvreckan.



2. Pusaran Naruto
4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime

Pusaran air Naruto. Foto/WorldAtlas

Pusaran Air Naruto ada di Selat Naruto yang terletak di antara Pulau Naruto dan Awaji di Tokushima dan Hyogo, Jepang. Selat Naruto ini memiliki lebar 0,81 mil dan menghubungkan Laut Pedalaman dengan Samudra Pasifik. Pasang surut menyebabkan sejumlah besar air bergerak masuk dan keluar dari Laut Pedalaman dua kali dalam sehari.

Saat pasang, ketinggian sekitar 1,7 meter, menyebabkan perbedaan ketinggian air sekitar 1,2 meter antara Laut Pedalaman dan Samudra Pasifik. Karena Selat Naruto sempit, air mengalir ke dalamnya melalui Selat Naruto dengan kecepatan sekitar 8 mph empat kali sehari dan dengan kecepatan 12 mph selama pasang surut musim semi, menciptakan pusaran dengan diameter hingga 20 meter.



3. Pusaran Old Sow
4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime

Pusaran air Old Sow. Foto/Bay of Fundy

Pusaran Old Sow atau penabur tua adalah salah satu pusaran air terbesar di lepas pantai Pulau Rusa di New Brunswick, Kanada. Ungkapan "Tabur Tua" diperoleh dari suara seperti babi yang dibuat oleh pusaran air Old Sow.

Pusaran ini dibentuk oleh pasang surut ekstrem yang menyeabkan pertukaran air antara Teluk Fundy dan Teluk Passamaquoddy dan dipercepat oleh topografi dasar laut yang tidak biasa di daerah tersebut. Pusaran air terbentuk di wilayah dengan diameter sekitar 76 meter.

Turbulensi air yang luar biasa terjadi secara lokal di wilayah Old Sow yang lebih besar, sering kali membentuk area besar dengan beberapa turbulensi yang menarik. Aktivitas pusaran air Old Sow dipengaruhi oleh berbagai arus dan arus balik termasuk gelombang pasang, badai, dan angin kencang.



4. Pusaran Saltstraumen
4 Pusaran Air Laut Terbesar di Dunia, Nomor 2 Namanya Populer dalam Cerita Anime

Pusaran air Saltstraumen. Foto/WorldAtlas

Saltstraumen adalah selat kecil dengan arus pasang surut yang kuat. Selat ini terletak di kota Bodo di Nordland County, Norwegia, sekitar 16,5 km tenggara Kota Bodo. Panjangnya sekitar 3 km dan lebar 150 meter. Sekitar 400 juta meter kubik air mengalir melalui Saltstraumen setiap enam jam.

Pusaran air dengan diameter hingga 10 meter dan kedalaman 4,8 meter sering terbentuk di daerah saat arus paling kuat. Arus terbentuk ketika air pasang mencoba mengisi Skjerstand Fjord. Perbedaan ketinggian antara permukaan laut dan fjord di dalamnya bisa mencapai 0,9 meter.

Saltstraumen memiliki ikan yang melimpah termasuk cod, wolffish, dan saithe. Spesies yang paling umum adalah ikan batu bara dengan beberapa yang sebesar 50 pon.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)