AS Pensiunkan Jet A-10 Thunderbolt, Kehebatannya Bikin Ngiler Ukraina

Selasa, 23 Agustus 2022 - 07:01 WIB
Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina tertarik untuk mendapatkannya, apalagi jet A-10 Thunderbolt juga dilengkapi rudal udara-ke-udara dan udara-ke-darat presisi tinggi modern. Meskipun Ukraina juga masih memiliki pesawat tempur dengan peran serupa, yaitu Su-25 Frogfoot dari era Soviet.

Namun, Kepala Staf Angkatan Udara AS Jenderal Charles Q Brown menolak kemungkinan pesawat ini disumbangkan ke Ukraina. Tetapi situasi, situasi politik internasional, serta perang di Ukraina adalah peristiwa yang dinamis, berubah setiap hari.



Juru bicara Angkatan Bersenjata Ukraina, Yuriy Ignat, menghargai gagasan penggunaan pesawat serang A-10 Thunderbolt II. Dia mengatakan Ukraina tetap mengharapkan bantuan pesawat tempur seperti F-16 atau F-15.

“Secara khusus, ini (F-16, F-15, atau F-18) adalah pesawat tempur multi-peran dengan modifikasi tertentu,” kata perwakilan Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina.

Sampai saat ini, Ukraina telah menerima bantuan beberapa pesawat era Soviet dari negara tetangga. Bulgaria mengirimkan Su-25 sebagian melalui negara ketiga dan Slovakia menyumbangkan seluruh armadanya yang terdiri dari 12 pesawat tempur MiG-29.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More