Semburan Sinar Gamma yang Sangat Kuat Menyapu Bumi

Senin, 14 November 2022 - 20:51 WIB
Para astronom mendeteksi ledakan sinar gamma yang paling kuat menyapu Bumi pada akhir pekan lalu. Foto/Ilustrasi/NASA/Newatlas
FLORIDA - Para astronom mendeteksi ledakan sinar gamma yang paling kuat menyapu Bumi pada akhir pekan lalu. Ledakan Sinar Gamma atau Gamma ray bursts (GRB) adalah salah satu ledakan paling energik sejak Big Bang.

Ledakan sinar gamma pekan lalu diperkirakan mengeluarkan seberkas radiasi berenergi tinggi hingga 18 kali lebih kuat dari rekor sebelumnya. Sinyal tersebut, yang diberi nama GRB 221009A, terdeteksi pada 9 Oktober, meskipun ledakan itu terjadi 1,9 miliar tahun yang lalu.

Ledakan itu datang dari arah konstelasi Sagitta, dan terlihat oleh teleskop selama lebih dari 10 jam, menjadikannya salah satu GRB paling lama yang terdeteksi. Bukan hanya itu keanehannya, GRB 221009A ternyata menghasilkan energi tertinggi dari semua GRB yang pernah terdeteksi.



Energi dari peristiwa ini biasanya diukur dalam giga-elektronvolt (GeV), tetapi beberapa telah dicatat dengan energi sekitar 1 tera-elektronvolt (TeV). Peristiwa GRB baru ini mungkin telah mencapai rekor 18 TeV, menandai deteksi pertama GRB dengan energi di atas 10 TeV.



Setidaknya, itu data menurut observatorium China yang disebut Large High Altitude Air Shower Observatory (LHAASO). Peralatan ini dirancang untuk mendeteksi sinar gamma dan sinar kosmik dengan mengukur kaskade partikel yang mereka keluarkan di atmosfer bumi.

Data ini perlu diverifikasi oleh tim lain sebelum GRB 221009A dicatat dalam buku rekor. Terlepas dari itu, ledakan sinar gamma ini tetap menjadi salah satu yang paling energik dan paling terang yang pernah terdeteksi, terutama karena jaraknya yang relatif dekat.

“Ledakan ini jauh lebih dekat daripada GRB biasa, yang menarik karena memungkinkan kami mendeteksi banyak detail yang jika tidak terlalu samar untuk dilihat,” kata Roberta Pillera, astronom yang memimpin komunikasi pertama tentang ledakan tersebut dikutip SINDOnews dari laman Newatlas, Senin (14/11/2022).

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More