Pesawat Pengebom Siluman B-21 Raider Diluncurkan, Mampu Bawa Bom Nuklir

Sabtu, 03 Desember 2022 - 06:43 WIB
Sebagian besar kecanggihan B-21 datang dalam bentuk perangkat lunak yang digunakan baik di pesawat itu sendiri maupun dalam proses pembuatannya. Pembuatnya menggambarkannya sebagai "pengebom digital" karena sebagian besar desain dan pembuatannya dilakukan menggunakan "kembaran digital" berbasis perangkat lunak untuk membantu mengurangi biaya produksi.



Selain itu, pengebom B-21 Raider akan menampilkan arsitektur perangkat lunak terbuka yang memungkinkan integrasi mulus dari teknologi dan kemampuan yang ditingkatkan di masa mendatang.

Pengebom B-21 Raider dinamai setelah penyerbuan April 1942 yang berani di Jepang yang dipimpin oleh Letnan Kolonel James "Jimmy" Doolittle. Serangan ini membantu mengubah arah gelombang pertempuran Pasifik pasukan sekutu selama Perang Dunia Kedua.

Northrop Grumman saat ini memiliki enam pengebom B-21 dalam berbagai tahap perakitan dan pengujian di pabriknya di Palmdale. Angkatan Udara AS memperkirakan bahwa setiap pengebom B-21 Raider berkemampuan nuklir akan menelan biaya sekitar USD692 juta atau Rp10,6 triliun untuk pengadaannya.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More