Perbandingan Jet Tempur Siluman J-20 China dan F-35 AS, Lebih Hebat Mana?

Jum'at, 06 Januari 2023 - 17:01 WIB
Pada awal tahun 2023 pemerintah China menggambarkan sebuah insiden dimana J-20 dan F-35 terbang. Foto DOK ist
JAKARTA - Pada awal tahun 2023 pemerintah China menggambarkan sebuah insiden dimana J-20 dan F-35 terbang secara berdekatan satu sama lain sebagai bagian dari latihan rutin para tentara militernya.

Berdasarkan hasil penerbangan tersebut, Media China sebelumnya sudah pernah mengklaim bahwa pesawat jet tempur generasi kelima Beijing J-20, lebih hebat dari jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS). Keunggulannya berada pada jangkauan dan muatan amunisi.

Baca juga : Spesifikasi Jet Tempur F-35 Israel yang dikandangkan

"Jangkauan dan muatan senjata secara luas dianggap lebih baik daripada F-35, yang memungkinkannya mencapai misi utamanya untuk mendapatkan keunggulan udara di medan perang abad 21," bunyi laporan media China, Global Times, mengutip analis pertahanan Wei Dongzu.

"Apalagi, J-20 memiliki ruang untuk perbaikan. Versi J-20 yang di-upgrade akan memiliki keunggulan luar biasa dibandingkan F-35 di masa mendatang," kata Wei. Menurut Wei J-20 telah beroperasi dengan angkatan udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sejak awal tahun lalu.



Namun hal tersebut berlainan pendapat dengan asisten sekretaris Angkatan Udara AS, melalui media Amerika Serikat yang juga mengklaim F-35 miliknya merupakan produk yang terbaik.

Mark Shackelford, deputi akuisisi untuk asisten sekretaris Angkatan Udara AS pernah menggambarkan F-35 sebagai pembunuh rudal permukaan-ke-udara utama Amerika dan memiliki perlengkapan khusus untuk misi yang dilakukan militer AS.

Dikutip dari synergiafoundation-org, Justin Bronk, seorang peneliti yang berspesialisasi dalam kekuatan udara tempur di Royal United Services Institute telah mencatat bahwa J-20 sebenarnya menawarkan jangkauan yang lebih jauh.

J-20 memiliki kapasitas bahan bakar internal yang lebih banyak dan memiliki kemampuan senjata internal yang lebih besar jika dibandingkan dengan jet tempur AS (generasi kelima).
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More