Kapsul Dragon SpaceX Mampu Bawa 5-7 Astronot, NASA Siap Gunakan saat Darurat

Kamis, 19 Januari 2023 - 15:55 WIB
loading...
Kapsul Dragon SpaceX Mampu Bawa 5-7 Astronot, NASA Siap Gunakan saat Darurat
Kapsul Crew Dragon SpaceX yang berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sedang dimodifikasi untuk membawa astronot tambahan pulang ke Bumi pada Rabu 18 Januari 2023. Foto/NASA/SpaceNews
A A A
FLORIDA - Kapsul Crew Dragon SpaceX yang berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sedang dimodifikasi untuk membawa astronot tambahan pulang ke Bumi pada Rabu 18 Januari 2023. NASA berencana memindahkan kursi astronot Frank Rubio dari pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 Rusia ke Endurance, kapsul Dragon yang membawa Crew-5 SpaceX.

Langkah ini dilakukan setelah kapsul Soyuz MS-22 mengalami kerusakan akibat sistem pendingin bocor akibat hantaman mikrometeoroid atau puing-puing luar angkasa. Kapsul Soyuz MS-22 pun dianggap tidak layak untuk mengembalikan astronot ke Bumi kecuali dalam keadaan darurat.

Rusia berencana untuk meluncurkan misi Soyuz MS-23 tanpa awak ke ISS pada 20 Februari sebagai pengganti Soyuz MS-22 untuk membawa tiga kru kembali ke Bumi. Tiga kru misi Soyuz MS-22 adalah astronot NASA Frank Rubio dan dua kosmonot Rusia Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin.

Baca juga; Rusia Izinkan Astronot NASA Kru Soyuz MS-22 Pindah ke Kapsul Crew Dragon SpaceX

Kapsul Soyuz MS-22 masih dapat digunakan sebagai sekoci jika sesuatu yang buruk terjadi pada ISS sebelum kedatangan Soyuz MS-23. Namun, setelah mengalami kebocoran sistem pendingin, Soyuz MS-22 lebih aman untuk membawa hanya dua astronot saja.

“Perubahan tersebut memungkinkan peningkatan perlindungan awak dengan mengurangi beban panas di dalam pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 untuk kosmonot Prokopyev dan Petelin jika terjadi keadaan darurat untuk kembali ke Bumi," tulis pejabat NASA dikutip SINDOnews dari laman Space, Kamis (19/1/2023).

Pesawat luar angkasa Endurance atau Dragon SpaceX diluncurkan pada Oktober 2022 membawa empat astronot Crew-5 Dragon SpaceX. Keempat astronot itu, adalah Nicole Mann dan Josh Cassada dari NASA, spaceflyer Jepang Koichi Wakata, dan Anna Kikina dari Rusia.
Kapsul Dragon SpaceX Mampu Bawa 5-7 Astronot, NASA Siap Gunakan saat Darurat


Kapsul Dragon SpaceX dirancang untuk membawa hingga tujuh astronot, jadi Endurance juga memiliki ruang untuk menampung astronot Frank Rubio jika diperlukan. Kapsul Soyuz MS-22 diluncurkan ke ISS pada bulan September 2022 untuk misi enam bulan yang direncanakan.

Baca juga; Rusia Kirim Kapsul Soyuz Baru ke ISS pada 20 Februari 2023, Pengganti Pesawat Luar Angkasa yang Bocor

Namun, tiga kru Soyuz MS-22, Rubio, Prokopyev, dan Petelin, kemungkinan besar akan tetap berada di orbit dua kali lebih lama. Perpanjangan misi untuk kru Soyuz MS-22 dilakukan karena jika mereka kembali ke Bumi dengan Soyuz MS-23 pada bulan Maret, maka ISS akan kekurangan staf.

Misi Crew-6 SpaceX akan diluncurkan bulan depan, membawa empat astronot lagi ke ISS. Tapi Crew-5 akan kembali ke Bumi beberapa hari setelah pendatang baru datang. “Rencananya adalah Frank, Dimitri, dan Sergey akan tetap berada di kapal ISS selama beberapa bulan lagi, mungkin sampai (pada) akhir September,” kata Dina Contella, Manajer Integrasi Operasi ISS NASA.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1400 seconds (10.177#12.26)