Gawat, Letusan Gunung Marapi Diprediksi Bakal Guncang dan Rugikan Ekonomi Dunia

Minggu, 22 Januari 2023 - 16:00 WIB
loading...
Gawat, Letusan Gunung Marapi Diprediksi Bakal Guncang dan Rugikan Ekonomi Dunia
Gunung Marapi yang ada di Sumatra Barat memiliki posisi yang sangat krusial buat wilayah negara lain. Foto/Sari Bundo
A A A
JAKARTA - Temuan yang mengejutkan diumumkan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Cambridge, Inggris. Dalam laporan yang berjudul Impact of Severe Natural Catastrophes of Financial Markets mereka menyebutkan letusan Gunung Marapi merupakan salah satu dari beberapa bencana alam yang bakal mengguncang dunia dan mengganggu kegiatan bisnis.

Laporan itu menyebutkan bahwa selain korban jiwa, kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam berdampak pada kegiatan ekonomi. Mereka mencontohkan tragedi topan Katrina yang tidak hanya menewaskan 1.800 orang tapi juga membuat pasar saham di New York, Amerika Serikat menderita kerugian USD150 miliar atau setara Rp2.246 triliun.

"Dalam laporan ini kami mengeksplorasi potensi bencana alam yang sangat besar untuk memicu guncangan pasar dan selanjutnya kemerosotan ekonomi," tulis laporan tersebut.

Dalam laporan itu terdapat enam bencana alam yang bakal memporak-porandakan manusia baik dari segi korban jiwa dan ekonomi. Keenamnya adaalah dua gempa bumi besar, dua badai tropis, dan dua letusan gunung.



Gawat, Letusan Gunung Marapi Diprediksi Bakal Guncang dan Rugikan Ekonomi Dunia


Kedua letusan gunung yang dikhawatirkan adalah letusan Gunung Marapi di Sumatra Barat dan letusan Gunung Rainier di Washington DC, Amerika Serikat. Gunung Marapi terakhir erupsi yang sangat besar pada 1815 dan langsung membuat perubahan iklim dunia yang sangat signifikan.

"Material piroklastik yang tidak terkonsolidasi (Tephra) Gunung Marapi terbang sampai ke Malaysia dan Singapura. Kondisi itu memengaruhi udara perjalana dan mengganggu rantai pasokan global yang vital," gambar laporan itu.

Mereka menyebutkan letusan Gunung Marapi pernah mencapai status Volcanic Explosity Index (VEI) 2. Hanya saja gunung tersebut memiliki potensi ledakan yang lebih dari 8. Tentunya jika hal itu terjadi akan membuat kerusakan jadi sangat besar dan fatal.

Lara Mani, ahli vulkanologi di Pusat Studi Risiko Eksistensial Universitas Cambridge, mengatakan kepada BBC bahwa VEI empat hingga enam sudah cukup untuk mengganggu seluruh kegiatan manusia.



Letusan itu diperkirakan akan membuat seluruh dunia akan menderita. "Suhu rata-rata global akan turun 1 deraja celcius hingga tiga tahun. Kondisi itu akan mengakibatkan kelainan iklim yang parah yang menyebabkan kekurangan pangan global yang besar," jelasnya.

Yang bikin mengkhawatirkan lagi adalah posisi Gunung Marapi yang dekat dengan berbagai negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kedua negara tersebut memiliki jantung bisnis dengan frekuensi tinggi yakni Selat Malaka, Malaysia dan Bandara Changi, Singapura,

Letusan Gunung Marapi akan membuat seluruh aktivitas tersebut terhenti. Pasalnya efek letusan gunung akan terasa dan terbawa angin hingga ke wilayah tersebut. Bahkan tidak hanya Bandara Changi saja yang terkena dampaknya tapi juga sampai Bandara-bandara lain yang ada di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut Daily Mail kerugian ekonomi yang disebabkan oleh letusan Gunung Marapi diperkirakan akan membuat Indonesia kehilangan pendapatan sebesar USD3,35 miliar atau mencapai Rp50,1 triliun. Itu pun menurut mereka baru kerugian dari sektor pariwisata.

(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)