Polandia Siap Kirim Senjata Paling Berbahaya di Eropa ke Ukraina

Senin, 23 Januari 2023 - 18:58 WIB
loading...
Polandia Siap Kirim Senjata Paling Berbahaya di Eropa ke Ukraina
Tank Leopar2 senjata paling berbahaya di Eropa. FOTO/ IST
A A A
KIEV - Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock menegaskan bahwa pemerintahnya tidak akan pernah menghentikan Polandia jika negaranya ingin mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina.

Pengiriman kendaraan tempur tersebut dipandang sebagai keberhasilan besar bagi Ukraina, yang menginginkan senjata berat untuk melawan agresi Rusia di negara tersebut.



“Saat ini pertanyaan seperti itu belum muncul, tapi jika ditanyakan maka kami tidak akan mencegahnya,” katanya kepada saluran LCI TV.

Tank Leopard 2 sendiri berjuluk senjata paling berbahaya di Eropa, tank ini memiliki Panjangnya hampir 11 meter, tinggi 3 meter, dan lebar 3,75 meter. Memakai mesin 12 silinder bertenaga 1.500 daya kuda.

Leopard 2, salah satu tank Jerman paling terkenal. Tank Leopard 2 gagal dibuat dalam proyek persenjataan pada era 1960-an di mana Amerika Serikat (AS) dan Republik Federal Jerman terlibat.

Sempat ada tujuh prototipe dibuat dengan nama Kampfpanzer 70. Menghabiskan biaya sebesar 830 juta mark. Bayangkan, kala itu saja sudah keluar uang setara Rp7,2 triliun.

Proyek Leopard 2 pun akhirnya dihentikan pada 1969. Lalu, AS membuat sendiri tank M1 Abrams yang dibuat berdasarakan pengalaman yang diperoleh di proyek Leopard 2.

Pada akhirnya, Jerman tetap bisa memproduksi tank Leopard 2 ini. Sejak 1979, Leopard 2 mulai menggantikan Leopard 1 di angkatan bersenjata Jerman, Bundeswehr.

Gambaran unik dari Perang Dingin ditunjukkan oleh data berikut. Pada 1990, Bundeswehr memiliki 2.125 Leopard 2.

Pada 2008 hanya 350 unit. Di masa mendatang, jumlahnya diperkirakan akan turun menjadi 225 unit saja.

Kendati di masa depan konflik akan lebih banyak dilakukan dengan serangan drone dan peretas, Leopard 2 tidak direncanakan akan dinonaktifkan hingga 2030.

Penggantinya, Main Ground Combat System (MGCS), sudah dikembangkan bersama dengan Prancis.
40 Jahre Leopard 2

Mari kita lihat lebih dekat teknologi tank Leopard 2. Tank bongsor ini memakai mesin multi-bahan bakar V12 empat langkah tipe MTU MB 873-Ka501 berpendingin air.

Kabinnya dilengkapi dengan pendingin udara dan dua tabung untuk memasok oksigen ke perangkat turbocharge.

Memiliki tenaga 1.500 dk pada putaran 2600 rpm. Kecepatan tertingginya 68 km/jam. Namun, ini disesuaikan dengan medan yang ditempuh.

Rata-rata di permukaan datar, 30 km/jam sedangkan untuk kecepatan mundur bisa mencapai 31 km/jam.

Tank Leopard 2 yang siap beraksi memiliki berat sekitar 64 ton. Tangkinya menampung 1.160 liter bahan bakar, tetapi dibatasi hanya 900 liter di masa damai.

Konsumsi bahan bakarnya 410 liter per 100 kilometer. Seperti tank tempur utama lainnya, Leopard 2 dapat melintasi perairan tanpa bantuan teknologi perintis.

Dapat melintas medan air hingga kedalaman 1,2 meter tanpa bantuan apa pun. Dengan bantuan poros bawah air, meski berada di kedalaman empat meter pun masih bisa digerakkan.

Awaknya terdiri dari empat orang. Komandan, penembak, loader (pemuat), dan pengemudi. Bundeswehr menetapkan laras meriam berukuran 120 milimeter ditambah dua senapan mesin MG3 sebagai senjata tambahan.

Ada pula sistem pembuangan asap untuk kamuflase tapi dengan alasan kerahasiaan, informasi ini sulit sekali didapatkan.

Leopard mengalami peningkatan nilai tempur beberapa kali di sektor otomotif. Dalam versi A5, lapis baja tambahan dipasang pada bagian depan menara.

Perangkat pencitraan termal terpisah untuk komandan membuatnya terpisah dari penembak.

Dengan penguat cahaya untuk pengemudi, tank ini sepenuhnya mampu melakukan pertempuran di malam hari di segala kondisi cuaca.

Untuk melindungi empat awak, Leopard 2 memiliki sistem perlindungan dari perang biologi dan kimia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)