Sejarah, Definisi, dan Jenis-jenis Barcode

Jum'at, 27 Januari 2023 - 08:00 WIB
loading...
Sejarah, Definisi, dan Jenis-jenis Barcode
Barcode memiliki sejarah panjang sebelum bisa digunakan seperti sekarang ini. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Barcode atau kode batang dapat diartikan sebagai representasi angka dan karakter yang mampu dibaca oleh mesin yang terdiri dari bar dan spasi dengan ukuran bervariasi.

Biasanya, garis-garis yang ditunjukkan pada bawah kemasan produk yang dijual di supermarket hingga toko serba ada (toserba) disebut barcode . Barcode pertama kali ditemukan oleh Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver yang dipatenkan di Amerika Serikat pada 1952.

Sejarah, Definisi, dan Jenis-jenis Barcode

Penemuan ini didasarkan oleh kode morse yang diperluas menjadi batang tipis dan tebal. Namun, butuh waktu lebih dari 20 tahun sampai barcode benar-benar berguna. Kurang lebih pada 1932.

Majalah Inggris Modern Railway edisi Desember 1962 pada halaman 387-389 mencatat bagaimana British Railway telah menyempurnakan sistem pembaca kode batang pada kereta yang melaju dengan kecepatan 160 km/jam.

Penggunaan awal salah satu jenis barcode dalam konteks industry disponsori oleh Asosiasi Kereta Api Amerika pada akhir 1960-an. Skema ini melibatkan penempatan garis-garis berwarna dengan berbagai kombinasi pada pelat baja yang ditempel pada sisi gerbong kereta api.

Proyek ini mulai ditinggalkan karena sistem tersebut tidak bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Namun barcode sukses digunakan untuk
mengotomatiskan sistem pembayaran di supermarket.

Pada 1973, desain barcode yang dikembangkan oleh George Laurer berupa batang vertikal yang dinilai lebih baik daripada yang dikembangkan sebelumnya dengan bentuk melingkar.

Penggunaan barcode juga pertama kali diterapkan oleh supermarket Sainsbury’s dengan sistem yang dikembangkan oleh Plessy pada 1973. Pada Juni 1974, barulah supermarket di Troy, Ohio mulai menggunakan pemindai barcode pada sebungkus permen karet Wrigley's.

Seiring berjalannya waktu, barcode mulai berubah menjadi 2D berupa kode QR karena ponsel pintar yang kian popular. Kombinasi barcode yang berbeda menggunakan garis dengan lebar yang berbeda untuk merepresentasikan 12 atau 13 digit angka.

Barcode juga tersedia dalam dua jenis, yaitu barcode linear dan barcode matriks. Nah, berikut perbedaanya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)