Tank Stridsvagn 122 Swedia Macan Tutul Terbaik untuk Ukraina, Rusia Waspadai Bom Nuklir Kotor

Jum'at, 27 Januari 2023 - 15:23 WIB
loading...
Tank Stridsvagn 122 Swedia Macan Tutul Terbaik untuk Ukraina, Rusia Waspadai Bom Nuklir Kotor
Tank Stridsvagn 122 Swedia merupakan versi terbaik dari tank Leopard 2 Jerman yang sudah ditingkatkan. Foto/Wikipedia/Bulgarian Military
A A A
STOCKHOLM - Swedia secara resmi mengumumkan bahwa tank tempur utama Stridsvagn 122 miliknya dapat dikirim ke medan perang Ukraina. Stridsvagn 122 merupakan tank generasi ke-3 yang dimodifikasi Swedia dari tank Leopard 2 Jerman.

Tank Stridsvagn 122 Swedia merupakan versi terbaik dari tank Leopard 2 Jerman yang sudah ditingkatkan dan masih beroperasi di dunia. Tank Stridsvagn 122 telah beroperasi sejak 1997 dan hanya tentara Swedia yang mengoperasikannya.

Swedia merancang tank Stridsvagn 122 untuk berperang di daerah bersalju dan hutan. Tank Stridsvagn 122 sangat mobile, praktis, dan cepat tepat di bawah cuaca dan lingkungan bersalju dan hutan. Ini dinilai sangat cocok dengan medan perang di Ukraina.



“Persiapan penyediaan tank dari Swedia saat ini belum dilakukan, tapi ini mungkin terjadi di tahap selanjutnya.” kata Menteri Pertahanan Swedia Paul Jonsson, kepada seorang reporter Svenska Dagbladet yang dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Jumat (27/1/2023).

Tank Stridsvagn 122 dibuat di Swedia untuk mengatasi kekurangan yang dimiliki tank Leopard 2. Termasuk lapis baja yang diperkuat, sistem pertahanan CBRN yang canggih, kemampuan melewati perairan yang lebih dalam, deteksi target yang cepat, identifikasi dan penguncian, serta menargetkan beberapa target sekaligus.

Sedangkan persenjataan Stridsvagn 122 tidak jauh berbeda dengan Leopard 2, sama-sama menggunakan meriam utama 120 mm Rheinmetall L/44 smoothbore. Persenjataan sekunder untuk pertempuran jarak dekat mencakup dua senapan mesin 7,62mm.

Tank Stridsvagn 122 merupakan salah satu yang terkuat dengan daya 1.500 tenaga kuda dan mampu melaju 68 km/jam. Jauh lebih bertenaga dibandingkan tank T-90M Proryv milik Rusia yang memiliki daya 1.125-1.130 tenaga kuda.



Konsumsi bahan bakar tank Stridsvagn 122 dan jangkauan operasional cukup mengesankan, menempuh jarak 550 km dengan 1.200 liter bahan bakar. Sedangkan tank T-90M, Leopard 2, Abrams, dan British Challenger 2, menempuh jarak yang lebih pendek (450-550 km) dengan bahan bakar antara 1.550 dan 1.900 liter.

Dengan tanki bahan bakar yang lebih kecil berarti bobot tank Stridsvagn 122 Swedia lebih ringan sekitar 62,5 ton. Kondisi ini membuat tank Stridsvagn 122 mampu bermanuver lebih baik dibandingkan tank Abrams dan Challenger.
Tank Stridsvagn 122 Swedia Macan Tutul Terbaik untuk Ukraina, Rusia Waspadai Bom Nuklir Kotor


Bom Nuklir Kotor
Rusia mengatakan bahwa tank Leopard 2 Jerman dan variannya dilengkapi dengan persenjataan cangkang penembus lapis baja sub-kaliber dengan inti uranium. Penggunaan senjata itu di Ukraina untuk melawan Rusia akan dinilai Moskow sebagai penggunaan "bom nuklir kotor".



“Kami memperingatkan Barat bahwa penggunan mesin perang di Kiev untuk tidak mendorong provokasi nuklir dan pemerasan,” kata Konstantin Gavrilov, Ketua delegasi Rusia pada Forum OSCE tentang Keamanan Militer dan Pengendalian Senjata di Wina.

Dia menjelaskan bahwa bahwa tank Leopard 2, BMP Bradley dan Marder, dilengkapi dengan cangkang penusuk lapis baja sub-kaliber dengan inti uranium. “Penggunaannya menyebabkan kontaminasi area, seperti yang terjadi di Yugoslavia dan Irak,” tambah diplomat Rusia itu.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2637 seconds (0.1#10.140)