Rusia Siap Terjunkan Tank Terbaru T-14 Armata ke Medan Perang Ukraina

Jum'at, 27 Januari 2023 - 16:46 WIB
loading...
Rusia Siap Terjunkan Tank Terbaru T-14 Armata ke Medan Perang Ukraina
Sejumlah kecil tank terbaru Rusia T-14 Armata sudah siap digunakan di garis depan medan perang Ukraina. Foto/Bulgarian Military/Wikipedia
A A A
MOSKOW - Menurut intelijen Inggris, sejumlah kecil tank T-14 Armata Rusia terbaru sudah siap digunakan di garis depan medan perang Ukraina . Apalagi pada November 2022, tank T-14 Armata terekam sedang melakukan tes di tempat latihan militer di Kazan.

Dilansir dari European Truth, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Federasi Rusia telah menyiapkan sejumlah kecil T-14 untuk digunakan di garis depan dalam perang melawan Ukraina. Ini akan menjadi penggunaan pertama model tank T-14 Armata di medan tempur sesungguhnya.

Namun, pasukan tempur Rusia dikabarkan masih ragu-ragu menggunakan tank T-14 Armata karena “kondisi yang tidak memuaskan.” Belum jelas “kondisi tidak memuaskan” apa yang menghentikan produksi tank T-14 Armata.



Menurut laporan Barat dikutip dari laman Bulgarian Military, Jumat (27/1/2023), Rusia memiliki masalah dengan mesin tank. Disebutkan juga bahwa masalah telah ditemukan pada sistem pencitraan termal tank tempur utama.

Pada 2021, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu menggambarkan produksi yang direncanakan pada 2022 sebagai batch percobaan. Jadi tidak mungkin T-14 yang digunakan memenuhi standar senjata baru yang dapat dianggap sepenuhnya siap untuk digunakan.

Angkatan bersenjata Rusia saat ini menggunakan tank T-72, T-80, dan T-90M Proryv untuk perang melawan Ukraina. Pada bulan November, dilaporkan bahwa T-14 Armata sedang melakukan tes di tempat latihan militer di Kazan.

Video bagian dari sesi pelatihan menunjukkan tank T-14 Armata bergerak dengan kecepatan tinggi di medan berlumpur off-road, diikuti oleh pasukan infanteri Rusia. Video itu adalah salah satu alasan beberapa orang berspekulasi bahwa Rusia bersiap untuk mengirim tank tempur utama terbarunya ke Ukraina.



Jadi pengiriman tank T-14 Armata ke medan perang Ukraina adalah mungkin. Apalagi Rusia telah menunjukkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa mereka tidak takut untuk menguji senjata barunya dalam pertempuran. Diketahui Suriah sering digunakan untuk menguji Armata, Su-57, dan modifikasi baru dari Su-35.
Rusia Siap Terjunkan Tank Terbaru T-14 Armata ke Medan Perang Ukraina
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2941 seconds (0.1#10.140)