Spesifikasi T-14 Armata, Tank Canggih Rusia yang Ditolak Pasukannya Sendiri

Jum'at, 27 Januari 2023 - 19:22 WIB
loading...
Spesifikasi T-14 Armata, Tank Canggih Rusia yang Ditolak Pasukannya Sendiri
Rusia menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Rusia menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Selain memiliki personel terlatih yang cukup banyak, mereka juga memiliki segudang persenjataan canggih yang mendukung kekuatannya.

Pada konfliknya dengan Ukraina yang telah berlangsung hampir setahun, telah banyak persenjataan militer Rusia yang dikerahkan. Terbaru, mereka dikabarkan akan menerjunkan tank T-14 Armata.

Baca juga : Ini Perbandingan Spesifikasi Tank Leopard 2 Jerman dengan Tank Abrams AS

Akan tetapi, kabarnya pengiriman tank tersebut telah ditolak oleh pasukan Rusia yang tengah bertempur. Mengutip laman Eurasian Times, Jumat (27/1/2023), kabar tersebut disampaikan Kementerian Inggris melalui pembaruan informasi intelijen miliknya.

Mereka melaporkan bahwa tentara Kremlin ragu untuk menerima T-14 Armata untuk digunakan bertempur. Adapun alasannya sendiri karena kondisinya yang buruk alias tidak bagus lagi.

Lantas, seperti apakah sebenarnya tank T-14 Armata milik Rusia ini? Simak ulasannya!

T-14 Armata merupakan Main Battle Tank (MBT) generasi baru yang dirancang perusahaan Rusia Uralvagonzavod (UVZ). Mengutip informasi dari laman Army Technology, tank ini pertama kali diluncurkan saat parade Moscow Victory Day bulan Mei 2015.

Dengan bobot mencapai 48 ton, tank ini memiliki panjang 10,8 meter, lebar 3,5 meter, dan tinggi 3,3 meter. Pada desain yang dihadirkan, mereka dilengkapi kapsul lapis baja yang ditujukan untuk para awaknya.

Pada bagian lambung, T-14 Armata dibekali sistem lapis baja modular yang sangat kuat. Selain itu, hadir juga fitur perlindungan Nuclear, Biological and Chemical (NBC), sistem pencegah kebakaran, pelontar granat asap, hingga sistem Afghanit yang bisa menahan peluru anti-tank, roket, maupun RPG.

Beralih ke dapur pacunya, tank Rusia ini ditenagai mesin diesel turbocharged A-85-3A yang bisa menghasilkan daya hingga 1.200 hp. Dukungan tersebut membuat T-14 Armata bisa mencapai kecepatan maksimum 90 km/jam dan jangkauan hingga 500 km.

Kemudian, pada bagian senjata hadir meriam smoothbore 125mm 2A82-1M dengan louder otomatis. Salah satu keunggulan senjata ini adalah bisa menembakan peluru berpengendali laser.

Selain itu, terdapat juga senjata sekunder pendukung seperti machine gun tipe Kord 12,7 mm dan PKTM 7,62mm.

Baca juga : Perbandingan Spesifikasi Tank Leopard 2 Jerman dengan Tank Abrams AS

Spesifikasi tank T-14 Armata Rusia:

- Tipe : Main Battle Tank (MBT)
- Produsen : Uralvagonzavod (Rusia)
- Awak : 3 orang
- Bobot : 48 ton
- Mesin : Diesel turbocharged A-85-3A
- Kecepatan : 90km/jam (maksimal)
- Jangkauan : -+ 500 km
- Senjata : -Meriam Smoothbore 125mm 2A82-1M
- Senapan mesin Kord 12,7mm
- Machine Gun PKTM 7,62mm
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)