S-400 Rudal Rusia yang Paling Ditakuti NATO Jika Perang Dunia III Meletus

Rabu, 01 Februari 2023 - 13:00 WIB
loading...
S-400 Rudal Rusia yang Paling Ditakuti NATO Jika Perang Dunia III Meletus
S-400 Rudal jelajah milik Rusia yang bikin barat ketar-ketir. FOTO/ RT
A A A
MOSCOW - Keunggulan Rusia dalam bidang senjata hal ini yang membuat Amerika Serikat setengah hati membela Ukaraina. Apalagi jika Perang Dunia III terjadi tentunya Rusia akan kerahkan senjata yang AS tak memilikinya.



S-400 adalah satu-satunya sistem di dunia yang dapat menembak jatuh rudal hipersonik dan jelajah. Barat telah mencoba menciptakan teknologi serupa selama bertahun-tahun namun namun tak mampu menyamai

Sejak diperkenalkan pada 2007, sistem pertahanan udara S-400 Triumph (atau NATO menyebutnya Growler) telah menjadi “kelas berat” dunia pertahanan udara.

Versi ekspor mesin mendeteksi semua target udara di sekitarnya pada jarak hingga 400 kilometer dan menembak jatuh mereka pada jarak 200 kilometer.

Ini menyerang baik rudal jelajah terbang rendah yang mengelilingi lanskap dalam perjalanan mereka ke target, dan pesawat tempur generasi kelima yang sangat bermanuver - sistem akan melihat semuanya, "menangkap" dan menembak jatuh pada jarak yang aman dari dirinya sendiri.

Pada saat yang sama, dalam satu divisi S-400 ada delapan peluncur dengan muatan amunisi 16 rudal untuk setiap kendaraan (4 di instalasi + 12 di kendaraan pemuatan).

Sederhananya, dalam beberapa salvo, kru pertahanan udara akan dapat menembak jatuh hingga 128 pesawat generasi kelima, jelajah dan rudal hipersonik.

“Perbedaan utama antara S-400 dan pesaingnya dalam menghadapi American Patriot PAK 3 justru pada kemampuannya untuk bekerja pada semua target udara

"Amerika diasah untuk hanya menghancurkan rudal, dan sistem THAAD bekerja di pesawat mereka. Selain itu, dalam hal karakteristik teknis, masing-masing setara dengan sistem pertahanan udara S-300 Rusia generasi sebelumnya, ” ujar Alexander Khramchikhin, petugas kontrol tempur S-300P cadangan dan wakil direktur Institut Politik dan Militer Analisis, kata RT China.

Menurutnya, Patriot hanya bekerja pada target pada arah yang telah ditentukan pada sudut 180 derajat. Dan S-400 Rusia "terlihat" 360 derajat.

Selain itu, dibutuhkan setengah jam bagi awak sistem Patriot untuk mengerahkan sistem pertahanan rudal mereka di darat. Sederhananya, kali ini cukup untuk menghancurkan semua target dan memenangkan pertempuran. Pada saat yang sama, dibutuhkan kurang dari lima menit bagi kru S-400 untuk mengerahkan sistem ke posisi tempur di darat.

“Patriot versi domestik (semua impor sistem pertahanan udara dan rudal ke pasar luar negeri datang dengan karakteristik yang lebih rendah dibandingkan dengan pasar domestik) memiliki jangkauan maksimum 180 kilometer. Ini bahkan lebih kecil dari versi ekspor S-400. Di sini, sekali lagi, kompleks domestik menang, ”tambah Khramchikhin.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)