Boeing Kenalkan Pesawat Tanker Siluman Berteknologi Jet Tempur

Kamis, 02 Februari 2023 - 12:59 WIB
loading...
Boeing Kenalkan Pesawat Tanker Siluman Berteknologi Jet Tempur
Boeing kenalkan blended wing body untuk pesawat tanker siluman. FOTO/ AIRCRAFT
A A A
NEW YORK - Boeing memperkenalkan konsep pesawat kargo taktis dan tanker siluman (stealth) dengan menerapkan desain BWB (blended wing body).


Proyek ini jawaban Boeing atas pernyataan Sekretaris Angkatan Udara AS Frank Kendall yang mengatakan memiliki lebih banyak pesawat angkut dan pesawat tanker pengisian bahan bakar udara siluman akan sangat penting dalam konflik kelas atas di masa depan.

Seperti dilansir dari The War Zone, Boeing telah memajang model skala pesawat konsep BWB siluman tersebut di AIAA SciTech Forum and Exposition pada 23-27 Januari 2023 di Washington, DC.

Program Speed Agile ini adalah mengembangkan pesawat angkut super STOL atau memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat dalam jarak sangat pendek.

Perwakilan Boeing menyebutkan, pesawat BWB menawarkan efisiensi bahan bakar sekitar 30 persen lebih besar dibandingkan pesawat kargo tradisional seperti C-130J Super Hercules dengan kapasitas muatan yang sama.

Kehadiran pesawat angkut siluman, terutama varian tanker, dapat mendukung jet siluman generasi ke-5 dan ke-6 memperjauh jangkaun tempurnya.

Tanpa diketahui lawan kehadirannya, terutama dari lawan yang tidak memiliki sistem radar pertahanan udara yang mumpuni.

Meskipun desain BWB Nmemiliki planform sayap terbang (flying wing) seperti tampilan pembom B-2 dan B-21, konfigurasi ini tidak secara otomatis bercitra radar rendah

Manfaat langsung yang ditawarkan oleh desain BWB ini berkaitan dengan efisiensi aerodinamis yang lebih besar, artinya dapat menghemat penggunaan bahan bakar dan meningkatkan jangkauan operasionalnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)