Atasi Emis CH4. UBL Gelar Edukasi Pengelolaan Sampah

Selasa, 07 Februari 2023 - 19:55 WIB
loading...
Atasi Emis CH4. UBL Gelar Edukasi Pengelolaan Sampah
Bank Sampah Universitas Budi Luhur (UBL) dengan Kalbe Farma serta Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti dalam hal pengolahan sampah plastik. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
BEKASI - Dalam mengendalikan "produksi" gas rumah kaca dari aktifitas manusia, Perjanjian Paris mengamanatkan pelaksanaan Nationally Determined Contribution (NDC) yang berisi rencana mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di setiap negara anggota, termasuk Indonesia.



Target Indonesia di dalam NDC adalah menurunkan emisi GRK sebesar 29% sampai 41% dengan bantuan internasional. Dalam NDC Indonesia ada lima sektor utama yang telah dihitung bersama target penurunan emisinya yaitu hutan dan laha (17,20%), energi (11%), limbah (0,38%), industrial process and product use/IPPU (0,10%), dan pertanian (0,32%).

Sektor limbah terutama sampah memberikan kontribusi besar terhadap emisi gas rumah kaca dalam bentuk emisi metana (CH4) dan karbondioksida (CO2).

Dengan jumlah dan pertumbuhan penduduk Indonesia yang besar, serta pola konsumsi masyarakat seperti sekarang ini, akan menyebabkan jumlah timbulan sampah dan limbah domestik semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Oleh karenanya, Bank Sampah Universitas Budi Luhur (UBL) dengan Kalbe Farma serta Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti dalam hal pengolahan sampah plastik.

Kolaborasi ini menggelar program edukasi pengolahan sampah dengan tema Greget Plastik Season 2 Goes to Yayasan Kampus Diakoenia Modern (KDM) di Bekasi, Jawa Barat.

Umi Tutik sebagai pengelola Bank Sampah Budi Luhur mengatakan, masyarakat perlu diberi edukasi sampah agar dapat menambah pengetahuan.

"Sosialisasi pengolaan sampah pentingannya pengenalan jenis-jenis sampah dan membuat kreasi daur ulang sampah seperti kemasan botol dari sampah organik. Acara ini juga menjadi pembelajaran ketrampilan kedepanya bisa mandiri dan terampil," ujar Umi Tutik.

Sekretaris Direktur Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITL Trisakti Simon Gultom menambahkan, acara ini memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3771 seconds (0.1#10.140)