Spesifikasi Tank Tempur Rusia T-80 MBTs yang Berhasil Dihancurkan Ukraina

Senin, 13 Februari 2023 - 21:09 WIB
loading...
Spesifikasi Tank Tempur Rusia T-80 MBTs yang Berhasil Dihancurkan Ukraina
Tank tempur Rusia militer digempur dan Ukraina menunjukkan gambar mengerikan terkait 31 kendaraan lapis baja Rusia yang sedang diledakkan. FOTO/ THE SUN
A A A
MOSCOW - Tank tempur Rusia T-80 MBTs menjadi salah satu tank yang terkuat du dunia. Hal ini disebabkan Rusia merupakan negara dengan operator tank terbanyak di dunia.

BACA JUGA - Ukraina Berhasil Bikin Error Chip Semikonduktor, 31 Tank Rusia Hancur Lebur

Tank-tank yang diproduksi dan dioperasikan rusia terdiri dari beberapa jenis, yakni T-72, T-80, T-90, dan yang terbaru adalah T-14 Armata. Tank-tank ini tentunya memiliki berbagai macam varian yang ada.

Namun pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang tank tempur utama (MBT) T-80 yang menjadi salah satu andalan pasukan Rusia.

Tank T-80 pertama kali dioperasikan oleh angkatan darat Uni Soviet pada tahun 1976. Tank ini didesain dan diproduksi oleh Leningrad Kirov Plant (LKV). Pada awal produksinya, tank ini sempat membuat bingung pihak Barat karena desainnya yang menyerupai tank sebelumnya, yaitu T-72.

Dilansir dari The EuRasian Times, tank tempur Rusia ini memiliki kecepatan maksimum hingga 70 km/jam dengan daya mesin 1000 tenaga kuda serta dapat menempuh jarak sejauh 335 kilometer.

Sedangkan mesin yang digunakan pada tank T-80 adalah GTD-1000T, yang berjenis Gas Turbine. Hal ini menjadikan T-80 sebagai salah satu tank yang ditenagai oleh mesin Gas Turbine selain M1 Abrams buatan Amerika.

Tank T-80 dipersenjatai oleh meriam 125 milimeter tipe smoothbore dengan sistem auto-reload. Tank ini juga dilengkapi dengan satu senapan mesin kaliber 7.62 millimeter serta senapan mesin 12.7 millimeter (50 cal.) pada bagian atas tank.

Seperti dilansir dari Army Tecnology, tank tempur Rusia ini dapat menampung sekitar 40 amunisi saat beroperasi. Bahkan pada varian terbaru, T-80 juga dapat membawa rudal anti-tank berpemandu (ATGM) Kobra.

Tank ini memiliki cukup banyak varian dan telah mengalami beberapa peningkatan. T-80B merupakan varian pertama yang diproduksi. Varian ini mampu meluncurkan rudal anti-tank Kobra melalui meriam utamanya.

Lalu ada varian T-80BV yang merupakan pengembangan dari T-80B. pada varian ini seluruh badan tank ditambahi dengan armor tambahan berupa Explosive Reactive Armor (ERA) Kontakt-1. Armor tambahan ini dapat melindungi tank dari serangan misil dan senjata anti-tank lainnya.

Varian berikutnya adalah T-80U yang dikenal lebih superior dari varian sebelumnya. Varian ini disebut sebagai generasi kedua T-80 dengan meriam 125 milimeter jenis baru yang dapat meluncurkan rudal 9M119 Refleks. Varian ini juga memiliki beberapa perangkat komputer baru yang memudahkan awak tank dalam mengincar target.

Yang terbaru adalah varian T-80BVM yang merupakan varian paling modern dari T-80. Tank ini memiliki mesin yang lebih besar dengan 1,250 tenaga kuda. Tank ini juga dilengkapi dengan ERA jenis terbaru, yaitu Relikt. Selain itu, tank ini juga dilengkapi dengan Active Protection System (APS).

T-80 menjadi salah satu tank tempur Rusia yang paling banyak diproduksi saat ini. Banyak negara yang menggunakan tank ini selain Rusia, yakni Belarusia, Ukraina, Kazakhstan Siprus, Pakistan, Yaman, dan Korea Selatan (sebagai tank latihan).

MG/Ari Achmad Dhani
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3500 seconds (0.1#10.140)