Spesifikasi Pyotr Velikiy, Kapal Perang Rusia Bertenaga Nuklir yang Mengejutkan

Kamis, 16 Februari 2023 - 17:30 WIB
loading...
Spesifikasi Pyotr Velikiy, Kapal Perang Rusia Bertenaga Nuklir yang Mengejutkan
Rusia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang tak bisa diremehkan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Rusia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer yang tak bisa diremehkan. Selain para tentara, mereka juga banyak memiliki persenjataan canggih serta alat tempur yang mendukung kekuatannya.

Dari sekian banyak, salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah sebuah kapal perang bertenaga nuklir bernama Pyotr Velikiy. Mengutip laman Daily Star, Kamis (16/2/2023), beberapa waktu lalu Vladimir Putin disebut tengah mempersiapkan kapal perang tersebut.

Menurut laporan Badan Intelijen Norwegia, hal ini merupakan kali pertama sejak era Uni Soviet. Namun, belum diketahui mengenai tujuan Putin ketika memerintahkan untuk mengoperasikan kembali kapal tersebut.

Baca juga : Spesifikasi Moskva, Kapal Perang Rusia yang Sempat Tenggelam saat Perang dengan Ukraina

Lantas, seperti apakah sebenarnya kecanggihan dari Pyotr Velikiy?

Pyotr Velikiy menjadi salah satu jenis kapal perang yang dimiliki Rusia. Mengutip laman Military Factory, kapal ini mulai dikembangkan pada 1986 dan resmi diluncurkan untuk beroperasi pada 1996.

Awalnya, kapal perang tersebut bernama Yuri Andropov. Namun, setelah keruntuhan Uni Soviet, namanya berubah menjadi Pyotr Velikiy.

Pada kategorinya, Angkatan Laut Rusia memasukannya sebagai ‘Guided Missile Cruiser’. Sementara negara Barat menyebutnya sebagai battlecruiser yang dibekali rudal.

Meski telah diluncurkan pada akhir Perang Dingin, faktanya Pyotr Velikiy masih ada dalam armada Rusia. Kapal perang ini memiliki kapasitas awak mencapai 727 personel, termasuk 18 awak udara.

Selain itu, hadir juga sistem onboard seperti radar pencarian 3D Voskhod MR-800, radar pencarian 3D Fregat MR-710, serta navigasi Palm Frond. Kemudian, untuk dayanya sendiri berasal dari sistem propulsi berbasis nuklir yang memasok rentang operasi tak terbatas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)