Spesifikasi Moskva, Kapal Perang Rusia yang Sempat Tenggelam saat Perang dengan Ukraina

Kamis, 30 Juni 2022 - 17:47 WIB
loading...
Spesifikasi Moskva, Kapal Perang Rusia yang Sempat Tenggelam saat Perang dengan Ukraina
Rusia merupakan Negara yang memiliki daftar kekuatan militer terbaik di dunia lantaran memiliki sederet alat tempur dengan kemampuan yang mumpuni. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rusia merupakan Negara yang memiliki daftar kekuatan militer terbaik di dunia lantaran memiliki sederet alat tempur dengan kemampuan yang mumpuni. Salah satunya yaitu kapal perang Moskva. Beberapa waktu yang lalu, kapal tersebut sempat tenggelam saat digunakan dalam konflik antara Rusia dan Ukraina.

Baca juga : Buntut Tenggelamnya Kapal Perang Moskva, Rusia Keluarkan Kommuna yang Berusia 110 Tahun

Dikutip dari Military Factory, Moskva sendiri merupakan produk dari Uni Soviet saat Perang Dingin. Proses desainnya sendiri dimulai pada 1960-an. Fitur yang dipersiapkan kala itu termasuk serangkaian sensor dan sejumlah persenjataan rudal untuk menghadapi ancaman pesawat barat.

Moskva sendiri resmi diluncurkan pada tahun 1979 dan digunakan Angkatan Laut Soviet pada 30 Januari 1983. Kapal perang Rusia ini memiliki desain konvensional dengan dilengkapi dek pendaratan helikopter. Selain itu, kapal ini juga memiliki meriam dek tunggal serta peluncur rudal.

Moskva merupakan kapal bertenaga konvensional yang dirancang untuk misi jarak jauh. Tenaga tersebut dihasilkan dari 4 x turbin gas yang diatur dalam konfigurasi COGOG (Combined Gas Or Gas). Konfigurasi ini memungkinkan pengelolaan penyimpanan bahan bakar yang terbatas menjadi lebih baik.

Selain itu, Moskva dilengkapi sensor dan sistem pemrosesan yang diatur radar pencarian jarak jauh seri 3D Voskhod/Top Pair MR-800 yang menyediakan rangkaian digital modern. Teknologi tersebut dikombinasikan dengan radar pencarian udara 3D Fregat MR-710 untuk mengantisipasi ancaman udara yang masuk.

Pada sektor persenjataan, senjata utama kapal perang Rusia ini adalah 16 x P-500 ‘Bazalt’, rudal anti kapal yang dipasang di dua tepi kapal, masing-masing berjumlah empat peluncur yang saling berpasangan.

Baca juga : Rusia Sebut Kebakaran Picu Amunisi Meledak di Kapal Perang Moskva

Senjata konvensional lainnya yang dipasang adalah meriam dual purpose seri 130mm/L70 AK-130 yang dipasang pada menara ganda di bagian depan kapal.

Spesifikasi Kapal Perang Rusia Moskva:

-Asal : Uni Soviet
-Panjang : 186,39 meter
-Lebar : 20,79 meter
-Draft : 8,4 meter
-Penggerak : 4 Turbin Gas COGOG, 2 Poros
-Kecepatan : 32 knot
-Jangkauan : 10.000 mil
-Sensor dan Sistem Pemrosesan : -Voskhod MR-800 (Top Pair) radar pencarian 3d
-Fregat MR-710 (Top Steer) radar pencarian 3d
-Top Dome SA-N-6 fire control radar
-Bull horn MF hull mounted sonar
-Persenjataan : -16x SS-N-12 Sandbox (Rudal Anti-kapal)
-8x8 peluncur rudal anti pesawat S-300PMU
-2x20 Rudal anti pesawat jarak pendek OSA-MA
-1x130mm/L70 AK-130 berlaras ganda
-2x mortir anti-kapal selam RBU-6000
-Tabung Torpedo 10 x 533mm
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5102 seconds (0.1#10.140)