Spesifikasi Mi-171Sh, Helikopter Mematikan Rusia yang Banyak Diminati Pelanggan Global

Jum'at, 17 Februari 2023 - 14:08 WIB
loading...
Spesifikasi Mi-171Sh, Helikopter Mematikan Rusia yang Banyak Diminati Pelanggan Global
Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Rusia dikenal sebagai salah satu negara dengan milite r terkuat di dunia. Tak hanya didukung tentara berkualitas, mereka juga banyak memiliki persenjataan dan alat tempur mumpuni.

Tidak hanya digunakan para tentaranya sendiri, beberapa di antaranya juga turut diekspor ke negara-negara lain yang memang meminatinya. Dari sekian banyak, salah satunya adalah helikopter Mi-171Sh.

Baca juga : Spesifikasi Inokhodets, Drone Tempur Rusia dengan Kemampuan Mengerikan

Mengutip informasi dari laman Eurasian Times, Jumat (17/2/2023), perusahaan pertahanan milik Rusia Rosoboronexport mengumumkan akan segera menandatangani kontrak ekspor baru meski tengah dilanda perang dengan Ukraina.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev menyampaikan negara-negara asing menunjukan minat pada sejumlah alat tempur buatannya termasuk helikopter Mi-171Sh.

Lantas, seperti apakah sebenarnya kecanggihan dari helikopter buatan Rusia ini?

Helikopter Mi-171Sh ini merupakan varian dari Mi-171 yang dirancang oleh Ulan-Ude Aviation Plant (UUAP). Mengutip laman Army Technology, helikopter angkut ini diperkenalkan ke pasar global pada tahun 2002 oleh Rosoboronexport.

Lebih lanjut, Mi-171Sh biasa dikerahkan pada berbagai misi, seperti pengangkutan pasukan penyerang, pengangkutan kargo, dukungan serangan, serangan udara ke darat, pengawalan militer, evakuasi medis, hingga pencarian dan penyelamatan tempur (CSAR).

Pada bentuknya, helikopter ini dirancang khusus untuk beroperasi dalam misi tempur. Desainnya menggabungkan rotor utama lima bilah, rotor ekor, serta roda pendaratan yang tidak dapat ditarik.

Sementara itu, dengan kapasitas tiga awak di bagian kokpit, kabinnya bisa mengangkut hingga 36 tentara. Selain itu, mereka dilengkapi juga dengan peralatan avionik dan instrumental modern yang ditujukan untuk beroperasi di segala kondisi cuaca.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)