Fenomena Alam Langka, Aurora Merah Hiasi Langit Kanada, AS, dan Eropa

Sabtu, 18 Februari 2023 - 06:28 WIB
loading...
Fenomena Alam Langka, Aurora Merah Hiasi Langit Kanada, AS, dan Eropa
Penampakan aurora merah yang langka menghiasi langit Kanada, Amerika Serikat (AS), dan Eropa. Foto/Space
A A A
QUEBEC - Penampakan aurora merah yang langka menghiasi langit Kanada, Amerika Serikat (AS), dan Eropa, pada 16 Februari 2023. Aurora terbentuk akibat semburan plasma matahari setelah terjadi badai geomagnetik dari luar angkasa.

Gelombang terbaru aurora merah langka ini sangat mencolok seolah menari di langit yang cerag. Aurora merah langka membutuhkan konsentrasi partikel badai matahari yang lebih tinggi untuk menembus lebih dalam ke atmosfer bumi.

Berbagai gambar penampakan aurora merah yang langka ini membajiri media sosial Twitter yang diposting warga dan pengamat benda langit. Pemburu aurora yang berbasis di Quebec, Kanada, Mike MacLellan menangkap beberapa foto cakrawala yang menyala hijau terang seperti neon yang berubah menjadi jingga, merah, dan ungu di atas langit, dan membaginya dengan Space.com.



Penampakan aurora merah serupa telah dilaporkan oleh fotografer di Skotlandia dan Norwegia. “Tidak ada kata-kata untuk pertunjukan tadi malam di Kåfjorddalen, Norwegia,” kata pemburu aurora Adrien Mauduit melalui Twitter.

Dia memposting gambar aurora yang indah seperti kembang api berwarna ungu dan hijau di atas lanskap tertutup salju. Salah satu foto Mauduit memperlihatkan pendaran cahaya aurora berbentuk kupu-kupu berwarna jingga cerah, merah muda, dan ungu di atas puncak gunung berbatu.

“Apakah seseorang mengatakan 'merah'? Benar-benar aurora menarik beberapa menit yang lalu di Skibotn, Norwegia,” kata Mauduit dalam tweet tersebut dikutip dari laman Space, Sabtu (18/2/2023).

Dan Tanner dari Alberta, Kanada, berbagi foto yang menangkap matahari terbit di musim dingin yang diperkuat oleh cahaya hijau dan ungu yang menerangi langit fajar. “Wow!! Pemandangan menakjubkan pagi ini di Central Alberta!,” kata Tanner dalam sebuah tweet.



Fotografer amatir dan pengguna Twitter Cogie_s membagikan sekumpulan gambar aurora hijau dan merah yang menakjubkan di Skotlandia. Penampakan aurora diperkirakan akan terus berlanjut dan mungkin menjadi lebih intens karena coronal mass ejection (CME), semburan plasma dari atmosfer bagian atas matahari yang meletus dari matahari 15 Februari tiba di Bumi hari ini.
Fenomena Alam Langka, Aurora Merah Hiasi Langit Kanada, AS, dan Eropa


Penampakan aurora sejauh selatan hingga utara Inggris dan AS dapat diharapkan. Badai geomagnetik diperkirakan akan berlanjut hingga setidaknya 19 Februari, jadi jika Anda memiliki kesempatan, pergilah ke utara pada akhir pekan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

Aurora adalah pola cahaya di langit yang terjadi akibat aktivitas badai matahari atau suar yang biasa terjadi di belahan bumi utara sebagai cahaya utara atau aurora borealis. Aurora tidak menimbulkan efek yang berbahaya, tetapi kadang-kadang suar yang kuat dapat menyebabkan pemadaman radio singkat atau mengganggu satelit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)