Arkeolog di China Terkejut Temukan Kloset Siram Tertua Berusia 2.400 Tahun

Senin, 20 Februari 2023 - 08:23 WIB
loading...
Arkeolog di China Terkejut Temukan Kloset Siram Tertua Berusia 2.400 Tahun
Saat menggali dua bangunan besar di reruntuhan istana di kota Yueyang, para peneliti dari Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial China terkejut saat menemukan toilet siram kuno. Foto: ist
A A A
CHINA - Arkeolog yang sedang menggali reruntuhan istana di kota Yueyang terkejut saat mereka menemukan kloset siram yang usianya diperkirakan 2.200-2.400 tahun silam.

Padahal, sejumlah sejarawan mencatat toilet siram pertama ditemukan sekira 500 tahun lalu. Tepatnya pada 1596 ketika putra baptis Ratu Elizabeth I, Sir John Harington, menuliskannya dalam catatan.

Siaran pers Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial China menyebut bahwa kloset siram kuno itu jauh lebih maju dari masanya karena sistem drainase air di kota Yueyang yang memang sangat baik.

“Semua orang di lokasi penggalian terkejut. Bahkan, kami semua sempat tertawa kebingungan,” kata seorang anggota tim penggalian.

Kloset siram adalah kloset yang dirancang untuk menyiram air kencing atau feses dengan cara menggerakkan gagang atau menekan tombol penyiram.

Sistem penyiraman memungkinkan air keluar dengan satu kali gerakan oleh pengguna pada bagian tertentu dari kloset. Artinya, sistem ini lebih efisien.

Arkeolog di China Terkejut Temukan Kloset Siram Tertua Berusia 2.400 Tahun

Lokasi penggalian toilet di istana kerajaan di kota Yueyang. Foto: ist

Karena itu, para arkeolog di China menganggap bahwa toilet siram yang ditemukan ini kemungkinan merupakan salah satu yang tertua di dunia.

Toilet tersebut diperkirakan berusia antara 2.200 hingga 2.400 tahun. Tepatnya di awal Dinasti Han. “Penemuan ini menarik karena penemuan toilet siram modern diperkirakan berasal dari zaman Victoria Inggris,” ujar Fan Mingyang, ahli desain alat-alat kuno.

Kepada China Global Times, Fan mengatakan bahwa sistem drainase air di kota Yueyang mirip dengan kota modern.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3452 seconds (0.1#10.140)