7 Fakta The Mukaab, Proyek Mengejutkan Arab Saudi yang Disebut Mirip Kakbah

Selasa, 21 Februari 2023 - 13:34 WIB
loading...
7 Fakta The Mukaab, Proyek Mengejutkan Arab Saudi yang Disebut Mirip Kakbah
Arab Saudi kembali menjadi sorotan dunia pasca munculnya sebuah proyek bernama The Mukaab. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Arab Saudi kembali menjadi sorotan dunia pasca munculnya sebuah proyek bernama The Mukaab. Nantinya, proyek ini akan berupa bangunan raksasa yang disebut banyak orang memiliki bentuk mirip Kakbah .

Adapun Mukaab ini menjadi salah satu proyek ambisius lain yang dicanangkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) di Arab Saudi.

Mengutip laman Firstpost, Selasa (21/2/2023), beberapa waktu lalu Mohammed Bin Salman (MBS) telah mengumumkan sebuah rencana perubahan kota Riyadh dengan sebutan New Murabba.

Baca juga : Hebohnya Proyek Mukaab Mohammed bin Salman, Dianggap Tandingan Kakbah

Dari sekian banyak bangunan atau fasilitas yang didirikan di New Murabba, salah satu fokusnya akan tertera pada sebuah bangunan besar yang bernama The Mukaab.

Berikut sejumlah fakta terkait proyek The Mukaab Arab Saudi.

1. Desain Konstruksi

Berbeda dengan gedung biasa, konstruksi baru yang diusulkan adalah bangunan yang menyerupai kubus berongga. Namun, pada sejumlah foto dan video promosi yang beredar, banyak yang menyebut bangunan ini mirip dengan kakbah.

Lebih lanjut, The Mukaab ini memiliki desain yang dikatakan terinspirasi oleh arsitektur tradisional Najdi.

2. Luas Bangunan

The Mukaab dirancang untuk nantinya dapat menampung hingga 20x kapasitas dari Empire State Building di New York. Kemudian, pada ukurannya sendiri adalah memiliki tinggi dan panjang setiap sisinya mencapai 400 meter.

Apabila dapat terealisasi sesuai rencana, nantinya Mukaab ini akan menjadi salah satu gedung pencakar langit yang sangat tinggi di Arab Saudi.

3. Lokasi Bangunan

Mengutip laman Timeout Jeddah, The Mukaab akan berada di pusat pengembangan New Murabba. Tepatnya di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid yang terletak di barat laut Riyadh.

Baca juga : 8 Mega Proyek Masa Depan Arab Saudi, Semuanya Fantastis

4. Proyek Dikelola oleh NMDC

Meski terbilang sebagai proyek yang cukup ambisius, namun sepertinya Mohammed Bin Salman (MBS) cukup serius untuk menanganinya. Dalam hal ini, dia juga menunjuk New Murabba Development Corporation (NMDC) untuk menjadi pengelolanya.

Sekadar informasi, NMDC atau New Murabba Development Corporation ini merupakan salah satu perusahaan baru milik MBS yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Nantinya, NMDC diharapkan bisa mengubah pusat kota Riyadh melalui berbagai pembangunan bertajuk New Murabba, termasuk proyek The Mukaab sendiri.

5. Target Proyek Selesai

Saat ini, konstruksi The Mukaab diklaim telah berlangsung. Menurut Futurisme, nantinya pembangunan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2030 mendatang.

6. Biaya Pembangunan

The Mukaab menjadi salah satu mega proyek yang dikembangkan Arab Saudi. Mengutip Middle East Monitor, pembangunan didukung oleh dana kekayaan kerajaan serta Public Investment Fund (PIF).

Tak hanya itu, nantinya proyek tersebut diklaim bisa menambah pemasukan hingga USD50 miliar ke ekonomi non-minyak Arab Saudi.

7. Menuai Banyak Kontra

Sejatinya, hal ini bukan kali pertama Mohammed Bin Salman mengumumkan proyek ambisiusnya. Melihat ke belakang, sebelumnya Putra Mahkota Arab Saudi ini juga telah banyak merancang proyek gedung-gedung tinggi pencakar langit di negaranya.

Akan tetapi, pada proyek The Mukaab ini cukup banyak orang yang justru berada di sisi kontra. Adapun salah satu alasannya karena bangunan tersebut dianggap mirip Kakbah yang berstatus situs suci bagi umat Islam.

Demikian ulasan mengenai sejumlah fakta terkait proyek Arab Saudi bernama The Mukaab.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)