Utility Ro-Pax, Kapal Feri Listrik Terbesar di Dunia Layani Penyeberangan Argentina Uruguay

Sabtu, 04 Maret 2023 - 13:41 WIB
loading...
Utility Ro-Pax, Kapal Feri Listrik Terbesar di Dunia Layani Penyeberangan Argentina Uruguay
Perusahaan transportasi Buquebus telah memesan feri listrik Utility Ro-Pax untuk mengangkut penumpang antara Argentina dan Uruguay. Foto/Electrek
A A A
HOBART - Utility Ro-Pax merupakan kapal feri listrik terbesar saat ini dibangun pembuat kapal Tasmania, Incat. Perusahaan transportasi Buquebus telah memesan feri listrik Utility Ro-Pax untuk mengangkut penumpang antara Argentina dan Uruguay dan akan dikirimkan pada tahun 2025.

Feri listrik terbesar di dunia, Utility Ro-Pax, berukuran panjang 148 meter, mampu menampung hingga 2.100 penumpang dan 150 mobil. Dikutip dari laman Electrec, Sabtu (4/3/2023), Utility Ro-Pax sedang dibangun oleh pembuat kapal Tasmania Incat dan dirancang oleh Revolution Design.

Kapal feri listrik ini ditenagai oleh dua motor listrik yang kuat dengan output gabungan 5 dan 9,6 MW. Tenaga yang besar ini mampu memacu kapal dengan kecepatan maksimum 25 knot dan jangkauan maksimum 185 km.



Perusahaan Buquebus telah memesan feri listrik Utility Ro-Pax, yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang antara Argentina dan Uruguay. Penggunaan tenaga listrik pada feri sangat bermanfaat karena tidak banyak membutuhkan infrastruktur untuk mengisi ulang baterai.

Keselamatan juga merupakan prioritas utama untuk feri listrik, untuk itu Utility Ro-Pax dilengkapi dengan baterai berukuran besar untuk menghindari kerusakan di laut. Jika sel baterai hilang, kapal masih bisa kembali ke pelabuhan.

Selain itu, struktur kapal terbuat dari aluminium, bukan baja untuk mengurangi bobot lebih lanjut. Menurut pabrikannya, desain feri listrik semacam itu tidak lebih mahal dari kapal tradisional.
Utility Ro-Pax, Kapal Feri Listrik Terbesar di Dunia Layani Penyeberangan Argentina Uruguay


Di dalam pesawat, penumpang akan merasakan perjalanan yang nyaman dan tenang, bebas dari bau bahan bakar. Para kru juga akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, karena mesin akan langsung menghasilkan tenaga 100%, memberikan sensasi bermanuver speedboat daripada feri.



Penggunaan tenaga listrik dalam transportasi laut tidak hanya memiliki manfaat lingkungan, tetapi juga keuntungan finansial. Di Norwegia, feri listrik 100% pertama telah beroperasi dan perusahaan yang mengoperasikannya telah melaporkan pengurangan biaya sebesar 80%.

Demikian pula di Denmark, feri Ellen, yang merupakan kapal listrik terbesar hingga kedatangan Utility Ro-Pax, telah menghemat sekitar 2.000 ton CO2 per tahun sejak digunakan pada 2019. Feri Ellen saat ini memegang rekor tertinggi otonomi untuk feri listrik, dengan jangkauan 22 mil laut atau 40 km.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)