Simulator Kapal Laut Berteknologi Canggih Diperkenalkan

Senin, 09 September 2024 - 21:34 WIB
loading...
Simulator Kapal Laut...
Simulator canggih kapal laut/ FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Simulator dalam bidang transportasi laut adalah alat yang sangat berharga untuk pelatihan dan pendidikan, terutama untuk profesi seperti nahkoda kapal atau pelaut. Kehadiran simulator canggih memungkinkan pengguna untuk mengalami dan mengelola situasi yang mungkin terjadi saat mengemudikan kapal.



Multiintegra Technology Group kali ini juga turut mendukung Hub Space 2024 yang diadakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Dengan mengusung tema 'Integrated Mobility for All', acara yang berlangsung selama 2 hari ini pada 6-7 September 2024 di JIExpo Kemayoran dibuka resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin.

Dalam acara pembukaan pameran tersebut, selain Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, turut hadir Menteri Perhubungan dari masa ke masa, para kepala daerah, dan berbagai pihak yang berkaitan dengan dunia transportasi.

“Multiintegra Technology Group selaku perusahaan yang salah satunya bergerak di bidang teknologi transportasi juga turut serta mendukung acara ini sebagai bentuk keseriusan Multiintegra dalam turut serta mengembangkan teknologi di bidang transportasi” jelas Aloys Sutarto selaku CEO dari Multiintegra Technology Group kepada media di Jakarta, Senin, (9/9/ 2024).

Hub Space 2024 kali ini bertema “Integrated mobility for all”. Aloys Sutarto memaparkan, kata “integrated” menggambarkan tempat bersosialisasi dan spirit kolaborasi. Sedangkan kata “mobility” menggambarkan potret sosial masa kini yang menuntut semua orang adaptif terhadap kecepatan, termasuk perkembangan teknologi yang mendasarinya.

Salah satu contoh menarik dan memberi sensasi baru adalah kehadiran simulator di bidang transportasi laut. Tidak seperti biasanya, pengunjung bisa menjajal menjadi nahkoda kapal tanker di booth Pertamina International Shipping (PIS).

Dengan setir bundar dan tuas khas kapal laut, pengunjung akan mengendalikan kapal tanker dengan tiga layar besar yang menampilkan fungsi radar, mesin hingga peta.

Simulator yang sesuai dengan Regulasi STCW 95 yang dikeluarkan oleh IMO (International Marine Organization) yang bermarkas di London.

Dalam hal ini, MultiIntegra merupakan sistem intregator dan, sekaligus mitra pendukung teknis untuk perangkat tersebut, sejalan dengan pengalaman selama ini untuk simulator multi guna (multi-purpose) termasuk anjungan kapal, LRT, Liquid Cargo (LC) handling serta engine simulator.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2203 seconds (0.1#10.140)