Terpapar Radiasi Nuklir, Genetika Anjing Chernobyl Berubah

Sabtu, 04 Maret 2023 - 15:47 WIB
loading...
Terpapar Radiasi Nuklir, Genetika Anjing Chernobyl Berubah
Ratusan ekor anjing yang bertahan di Chernobyl dan kota sekitar Pripyat mengalami perubahan genetika. Foto/iflscience/clean future fund
A A A
KIEV - Ratusan ekor anjing yang bertahan di Chernobyl dan kota sekitar Pripyat mengalami perubahan genetika. Meskipun anjing-anjing Chernobyl secara genetik berbeda, mereka tidak menunjukkan perubahan fisik dan perilaku.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan ingin mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang populasi anjing yang tidak biasa yang tinggal di sekitar Chernobyl. Mengingat kontaminasi lingkungan yang keras yang banyak terpapar setiap hari.

Dengan bantuan sampel darah yang dikumpulkan dari hewan liar antara 2017 dan 2019, para ilmuwan menganalisis genetik 302 anjing dari populasi yang tinggal di dalam pembangkit listrik Chernobyl. Beberapa ekor anjing berasal dari lingkungan sekitar berjarak 15 hingga 45 kilometer dari lokasi bencana.



Hanya dengan melihat DNA anjing yang tinggal di dekat Chernobyl, diketahui secara jelas secara genetik berbeda dari anjing peliharaan yang tinggal di tempat lain di dunia. Menurut para peneliti ini merupakan cerminan dari radiasi pengion yang telah mereka alami selama beberapa generasi.

“Saya pikir yang paling luar biasa tentang penelitian ini adalah kami mengidentifikasi populasi anjing yang hidup di dalam dan di bawah bayang-bayang reaktor nuklir. Berbicara tentang ketahanan anjing sebagai spesies, ini luar biasa,” kata Elaine Ostrander, ahli genetika Institut Penelitian Genom Manusia Nasional NIH, kepada IFLScience, Sabtu (4/3/2023).
Terpapar Radiasi Nuklir, Genetika Anjing Chernobyl Berubah


Secara total, penelitian baru ini menemukan bahwa populasi ini mengandung 15 struktur keluarga kompleks yang unik dibandingkan dengan anjing lainnya. Terlihat jelas juga bahwa anjing-anjing tersebut bergerak di sekitar area yang berbeda dan berkembang biak dengan bebas satu sama lain.

Menurut hitungan terbaru, hingga 800 anjing semi-liar mungkin telah hidup di tanah sekitar Chernobyl. Termasuk area yang sangat terkontaminasi seperti dalam struktur Pengurungan Aman Baru Chernobyl atau Chernobyl New Safe Confinement.



Para peneliti belum melihat perbedaan genetik berdampak pada kesehatan, penampilan, dan perilaku mereka. Para peneliti berharap bisa menemukan jawaban terkait mutasi genetik yang membantu hewan bertahan hidup dalam menghadapi radiasi.
Terpapar Radiasi Nuklir, Genetika Anjing Chernobyl Berubah


“Idealnya, kami ingin menemukan varian yang diperoleh DNA selama 15 generasi sejak kecelakaan nuklir ini. Jadi memungkinkan kelangsungan hidup dari paparan radiasi tinggi terhadap lingkungan paparan radiasi rendah,” jelas Ostrander.

Diketahui bencana nuklir Chernobyl pada 26 April 1986, sekitar 120.000 orang yang tinggal di daerah sekitarnya dan kota terdekat Pripyat terpaksa mengungsi dan meninggalkan rumah mereka. Namun, banyak anjing peliharaan yang tertinggal dan berhasil membentuk populasi kokoh di daerah yang terkena radiasi di sekitar pembangkit listrik yang semakin membusuk.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2511 seconds (0.1#10.140)