Senin, 13 Maret 2023 - 20:13 WIB
Rusia Luncurkan Satelit Militer Olymp-K-2, Begini 2 Kehebatannya
Rusia meluncurkan satelit militer satelit Olymp-K-2 atau yang dikenal barat dengan Lunch-5X dari Situs 81/24 di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, Minggu 12 Maret 2023 pukul 23.13 waktu setempat. Foto/Roscosmos/nasaspaceflight
MOSKOW - Rusia meluncurkan satelit militer satelit Olymp-K-2 atau yang dikenal barat dengan Lunch-5X dari Situs 81/24 di Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, Minggu 12 Maret 2023 pukul 23.13 waktu setempat. Satelit Olymp-K adalah satelit geostasioner Rusia yang dibangun untuk penggunaan militer dan intelijen Rusia (FSB).

Rusia tidak mengungkapkan secara resmi tujuan peluncuran Olymp-K-2, namun diyakini satelit ini memiliki dua tujuan. Dikutip dari laman nasaspaceflight, tujuan pertama adalah untuk melakukan intelijen sinyal (SIGINT) dan kedua untuk menyediakan jalur komunikasi yang aman untuk penggunaan pemerintah.

Satelit Olymp-K-2 dilaporkan diluncurkan orbit geostasioner dengan lokasi 167 derajat Timur. Satelit ini digunakan untuk merujuk ke Jaringan Relai Data Satelit Rusia (SDRN), mengisyaratkan satelit yang digunakan untuk relai data.

Salah satu muatan onboard yang diklaim adalah sistem komunikasi laser, yang memberikan sinyal koreksi navigasi ke sistem GLONASS. Satelit Olymp-K dibangun di bus Ekspress-1000 ISS Reshnetnev dan massa sekitar 3.000 kg.

“Luch-5X (Olymp-K-2) dikirim ke orbit yang ditentukan. Satelit dikirim dalam mode standar,” kata Roscosmos dalam sebuah pernyataan dikutip SINDOnews dari laman TASS, Senin (13/3/2023).

Untuk meluncurkan satelit Olymp-K-2, Roscosmos menggunakan roket pendorong baru Proton-M dan roket tahap atas Britz-M yang diproduksi di Pusat Khrunichev (bagian dari Roscosmos). Roket Proton, secara resmi diberi nama UR-500, sebenarnya kendaraan peluncuran angkut berat yang dirancang sebagai “ICBM super berat”.
Rusia Luncurkan Satelit Militer Olymp-K-2, Begini 2 Kehebatannya

Karena ukurannya yang besar, Proton tidak pernah digunakan sebagai ICBM dan malah diubah menjadi kendaraan peluncuran luar angkasa. Roket Proton diusulkan sebagai alternatif roket N1 Soviet untuk meluncurkan misi berawak ke Bulan. Begitu besar ukurannya, roket Proton harus dipindahkan menggunakan kereta api.

Tahap pertama roket Proton terdiri dari tangki pengoksidasi pusat dan dikelilingi enam tangki bahan bakar. Tahap pertama ditenagai oleh enam mesin RD-275 yang terpasang pada tangki bahan bakar, yang menghasilkan daya dorong maksimum 10.740 kN.

Tahap kedua ditenagai oleh tiga mesin RD-0210 bersama dengan satu mesin RD-0211, menghasilkan daya dorong maksimum 2.399 kN. Tahap kedua melekat pada tahap pertama dengan struktur kisi dan "tahap panas".

Roket tahap ketiga ditenagai oleh RD-58M, yang menghasilkan daya dorong maksimum 83,4 kN. Setiap pembakaran tahap roket Proton dipicu oleh kombinasi dimetilhidrazin tak simetris (UDMH) dan nitrogen tetroksida (N2O4).