Rusia Perbarui Sistem Navigasi Luar Angkasa, Luncurkan Satelit Terbaru Glonass-K

Kamis, 13 Oktober 2022 - 18:07 WIB
loading...
Rusia Perbarui Sistem Navigasi Luar Angkasa, Luncurkan Satelit Terbaru Glonass-K
Roket Soyuz meluncurkan satelit navigasi GLONASS-K kelima dari Kosmodrom Plesetsk Rusia pada 9 Oktober 2022. Foto/Roscosmos
A A A
MOSKOW - Rusia memperbarui sistem navigasi luar angkasa dengan meluncurkan satelit terbaru Glonass-K dengan roket Soyuz. Peluncuran dilakukan dari Plesetsk Cosmodrome, barat laut Rusia, pada Minggu 9 Oktober 2022 malam.

Menurut RussianSpaceWeb.com, satelit Glonass-K mencapai orbit dengan sukses, kemudian menerima penunjukan kode Kosmos-2559. Kehadiran satelit Glonass-K menambah jumlah satelit dalam konstelasi navigasi luar angkasa Rusia.

Glonass adalah kependekan dari "Global'naya Navigatsionnaya Sputnikovaya Sistema," atau berarti "Sistem Satelit Navigasi Global." Seperti namanya, satelit ini mirip dengan sistem penentuan posisi global satelit (GPS) Amerika Serikat, yang dikenal sebagai Navstar.



AS dan Rusia memandang memiliki jaringan GPS secara mandiri sebagai keharusan untuk keamanan nasional. Bukan hanya AS dan Rusia, pandangan serupa juga dipegang Eropa dan China. Mereka juga memiliki konstelasi satelit navigasi buatan sendiri, yang disebut Galileo dan Beidou.
Rusia Perbarui Sistem Navigasi Luar Angkasa, Luncurkan Satelit Terbaru Glonass-K


RussianSpaceWeb melaporkan bahwa satelit Glonass pertama diluncurkan pada tahun 1982. Jaringan Rusia saat ini terdiri dari sekitar dua lusin pesawat ruang angkasa operasional. Seri K adalah versi terbaru; itu dirancang untuk menggantikan garis GLONASS-M yang dihentikan.



“Satelit yang baru diluncurkan memiliki berat sekitar 2.100 pon atau 950 kilogram dan dirancang untuk beroperasi setidaknya selama 10 tahun. Orbitnya terletak sekitar 11.870 mil atau 19.100 kilometer di atas Bumi,” tulis RussianSpaceWeb dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Kamis (13/10/2022).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4134 seconds (0.1#10.140)