Selasa, 14 Maret 2023 - 18:42 WIB
10 Penemuan Albert Einstein tentang Alam Semesta yang Terbukti Kebenarannya
Albert Einstein adalah seorang fisikawan Jerman-Amerika paling terkenal di abad ke-20 dan pemikir tentang masa depan. Foto/NASA
WASHINGTON - Albert Einstein adalah seorang fisikawan Jerman-Amerika paling terkenal di abad ke-20. Lahir 14 Maret 1879, Einstein dikenal sebagai fisikawan legendaris dan pemikir tentang masa depan.

Terlepas dari keterbatasan teknis pada masanya, Einstein menerbitkan teori relativitas umum yang terkenal pada tahun 1915. Dia membuat prediksi tentang sifat alam semesta yang akan terbukti akurat lebih dari 100 tahun.

Berikut adalah 10 penemuan Einstein yang membuktikan bahwa teori tentang sifat alam semesta seabad yang lalu benar, dirangkum dari laman Live Science, Selasa (14/3/2023).

1. Gambar pertama lubang hitam

Foto/Event Horizon Telescope Collaboration

Teori relativitas umum Einstein menggambarkan gravitasi sebagai konsekuensi dari pembengkokan ruang-waktu. Pada dasarnya, semakin masif suatu benda, semakin melengkung ruang-waktu dan menyebabkan benda-benda yang lebih kecil jatuh ke arahnya.

Teori ini juga memprediksi keberadaan lubang hitam , objek masif yang melengkungkan ruang-waktu sedemikian rupa sehingga cahaya pun tidak dapat menghindarinya. Ketika para peneliti menggunakan Event Horizon Telescope (EHT) menangkap gambar lubang hitam untuk pertama kalinya, mereka membuktikan Einstein benar tentang beberapa hal yang sangat spesifik.

2. Gema lubang hitam

10 Penemuan Albert Einstein tentang Alam Semesta yang Terbukti Kebenarannya

Para astronom sekali lagi membuktikan kebenaran teori lubang hitam Einstein. Mereka menemukan pola aneh sinar-X yang dipancarkan di dekat lubang hitam yang berjarak 800 juta tahun cahaya dari Bumi.

Selain pancaran sinar-X yang diharapkan dari bagian depan lubang hitam, tim juga mendeteksi prediksi "gema bercahaya" dari sinar-X, yang dipancarkan di belakang lubang hitam tetapi masih terlihat dari Bumi. Lubang hitam membengkokkan ruang-waktu di sekitarnya.

3. Gelombang gravitasi

10 Penemuan Albert Einstein tentang Alam Semesta yang Terbukti Kebenarannya

Teori relativitas Einstein juga menggambarkan riak-riak besar dalam jalinan ruang-waktu yang disebut gelombang gravitasi. Gelombang ini dihasilkan dari penggabungan antara objek paling masif di alam semesta, seperti lubang hitam dan bintang neutron.