Brankas Anti-Kiamat di Norwegia Kini Terbuka buat Umum Secara Virtual

Rabu, 15 Maret 2023 - 06:30 WIB
loading...
Brankas Anti-Kiamat di Norwegia Kini Terbuka buat Umum Secara Virtual
Brankas anti-kiamat yang ada di Norwegia kini bisa dikunjungi secara virtual. Foto/Svalbard Global Seed Vault.
A A A
JAKARTA - Brankas anti-kiamat yang ada di Norwegia, Svalbard Global Seed Vault kini terbuka buat masyarakat umum yang ingin berkunjung secara virtual. Kini semua orang yang ada di seluruh dunia bisa mengubek-ubek isi brankas anti-kiamat yang pertama kali didirikan pada 26 Februari 2008 itu.

Diketahui brankas anti-kiamat itu berbeda dengan bunker-bunker anti-kiamat yang ada di beberapa negara lain. Svalbard Global Seed Vault justru dibangun untuk menyimpan dan menyelamatkan seluruh spesies botani yang ada di bumi.

Setiap tahunnya Svalbard Global Seed Vault akan kedatangan berbagai spesies botani yang perlu disimpan dan diselamatkan. Nantinya jika kehancuran bumi terjadi makan seluruh spesies botani itu masih bisa dikembangkan dan diselamatkan.



Brankas Anti-Kiamat di Norwegia Kini Terbuka buat Umum Secara Virtual


Saat ini Svalbard Global Seed Vault telah menyimpan lebih dari 1,1 juta unit sampe benih. Seluruh sampel itu diklaim mewakili sekitar 6.000 spesies tanaman.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan isi brankas anti-kiamat yang ada di Norwegia itu kini tidak perlu ragu. Pasalnya pengelola Svalbard Global Seed Vault membuka kunjungan secara virtual.



Brankas Anti-Kiamat di Norwegia Kini Terbuka buat Umum Secara Virtual


Kunjungan virtual yang dijalankan oleh Virtual Tour Company itu disebut IFL Science merupakan bagian dari peringatan 15 tahun dibukanya brankas anti-kiamat tersebut. Semua orang kini bisa berkunjung tanpa harus mengeluarkan biaya dan tidak memerlukan pendaftaran apa pun.

Pengguna cukup mengeklik di sekitar bagian luar dan dalam lemari besi seolah-olah mereka sedang melakukan tur. Ada juga banyak informasi teks dan panduan audio untuk membantu menginformasikan kunjungan Anda.

Jadi Anda tidak akan tersesat dan kehilangan informasi saat mengubek-ubek isi brankas anti-kiamat itu. Termasuk melihat semua spesimen yang disimpan pada suhu -18 derajat celcius. Diketahui Suhu beku di Svalbard adalah salah satu alasan lokasinya di wilayah terpencil ini. Ini juga merupakan tempat yang terisolasi dengan baik dari bahaya aktivitas manusia, namun tetap terhubung dengan baik ke rute dan infrastruktur transportasi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)