Minggu, 19 Maret 2023 - 07:30 WIB
Ilmuwan Yakin Alien Hidup di Zona Terminator, Minta Segera Diungkap
Zona Terminator diyakini memiliki kondisi iklim yang ideal buat kehidupan terristrial seperti alien. Foto/Newsable Asia Net
JAKARTA - Sekelompok ilmuwan dari University of California, Irvine (UCI) Amerika Serikat dalam laporan mereka berjudul "Terminator Habitability: The Case for Limited Water Availability on M-dwarf Planets" yakin bahwa kehidupan ekstrateristrial benar-benar ada di sebuah wilayah yang mereka namakan Terminator Zone. Laporan yang ada di The Astrophysical Journal itu menyebutkan pengungkapan Zona Terminator akan mengungkap rahasia-rahasia kehidupan lain di luar angkasa.

Ana Lobo ilmuwan dari UCI menyebutkan Zona Terminator adalah wilayah cincin di eksoplanet. Wilayah tersebut memiliki karakteristik khusus yakni sisi siang dan sisi malam yang permanen.

Dia juga mengatakan sebenarnya Zona Terminator adalah wilayah yang sangat umum. Wilayah tersebut selalu mengorbit di sekitar bintang yang membentuk 70 persen yang terlihat di langit malam.

Bintang-bintang itu disebut bintang kerdil-M, yang cenderung lebih redup dari matahari. Sementara SciTech Daily mendefinisikan Zona Terminator adalah wilayah eksoplanet yang terdapat garis pemisah permanen antara sisi siang dan malam.

Ilmuwan Yakin Alien Hidup di Zona Terminator, Minta Segera Diungkap

Kondisi itu diyakini sangat cocok untuk mendukung adanya kehidupan ekstrateristrial. Dimana wilayah tersebut tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Ana Lobo menyebutkan Zona Terminator memiliki air yang merupakan elemen penting bagi kehidupan. Kondisi sisi siang dan malam yang permanen justru menurut mereka berperan sangat besar dalam kondisi air yang diperlukan buat kehidupan.

Dari situlah kemudian Ana Lobo dan beberapa ilmuwan Dari Aomawa Shield melakukan percontohan nengenai suhu yang bisa memengaruhi kondisi air terkait kehidupan ekstrateristrial.

Disebutkan Science Times percobaan itu merupakan upaya pertama para imuwan dalam menunjukkan adanya iklim layak huni yang ada di Zona Terminator eksoplanet. Itu sangat berbeda dengan sebelumnya dimana para peneliti lebih fokus pada wilayah eksoplanet yang tertutup lautan.