Ilmuwan Yakin Alien Hidup di Zona Terminator, Minta Segera Diungkap

Minggu, 19 Maret 2023 - 07:30 WIB

Ilmuwan Yakin Alien Hidup di Zona Terminator, Minta Segera Diungkap

Usulan yang diberikan oleh Ana Lobo justru menunjukkan bahwa Zona Terminator berpotensi menjadi tempat perlindungan yang layak bagi kehidupan teristrial. Hal itu juga memperluas kemungkinan yang tersedia bagi para astronom pencari kehidupan di luar angkasa.

"Dengan menjelajahi kondisi iklim eksotis ini, kami meningkatkan peluang untuk menemukan dan mengidentifikasi planet layak huni dengan benar dalam waktu dekat," kata Ana Lobo.

Sementara menurut laporan serupa oleh Science Daily, mengidentifikasi zona terminator sebagai kemungkinan tempat berlindung bagi kehidupan juga menyiratkan bahwa para astronom perlu mengubah pendekatan yang mereka lakukan selama ini. Para ilmuwan perlu mempelajari iklim planet ekstrasurya dalam menemukan tanda-tanda kehidupan. Pasalnya tanda-tanda kehidupan mungkin hanya ada di bagian tertentu atmosfer planet.

Penelitian itu juga akan membantu upaya pencarian kehidupan yang dilakukan oleh observatorum angkasa yang ada saat ini. Misalnya James Webb Space Telescope dan Large Ultraviolet Optical Infrared Surveyor milik NASA.