Selasa, 28 Maret 2023 - 07:00 WIB
Berubah Arah, Lubang Hitam Raksasa Kini Menuju Bumi
Lubang hitam raksasa kini mengarah dan mengancam bumi. Foto/Ghack.net
JAKARTA - Ilmuwan dari Royal Astronomocial Society mengeluarkan informasi mengerikan yang bisa membahayakan bumi. Menurut mereka sebuah lubang hitam raksasa yang ada di galaksi PBC J2333.9-2343 kini tiba-tiba berubah arahnya.

Para peneliti memperkirakan perubahan arah tersebut terjadi hingga 90 derajatnya. Parahnya arah yang dituju justru menuju bumi.

Mereka mengatakan bahwa galaksi yang memiliki lubang hitam raksasa memiliki ukuran 40 kali lebih besar dari bima sakti. Jarak galaksi tersebut dengan galaksi dimana bumi berada disebutkan membentang hampir 4 juta tahun cahaya.

“Kami mulai mempelajari galaksi ini karena menunjukkan sifat yang aneh,” kata Dr Lorena Hernandez-Garcia dari Royal Astronomocial Society.

Berubah Arah, Lubang Hitam Raksasa Kini Menuju Bumi

"Hipotesis kami adalah jet relativistik dari lubang hitam supermasifnya telah mengubah arahnya, dan untuk memastikan gagasan itu kami harus melakukan banyak pengamatan," tambahnya.

Saat ini para peneliti sudah terus melakukan pengamatan secara khusus. Dari pengamatan awal diperkirakan galaksi tersebut sudah sangat tua.

Para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan perubahan arah dan bagaimana pengaruhnya terhadap galaksi kita.

Mereka menduga bahwa PBC J2333.9-2343 mungkin telah bertabrakan dengan galaksi lain yang menyebabkan perubahan arah. Namun tidak ada yang menyangka jika perubahan arah tersebut justru mengarah ke bumi.