Korea Selatan Tambah Anggaran Belanja Program Luar Angkasa 874,2 Miliar

Jum'at, 31 Maret 2023 - 21:32 WIB
loading...
Korea Selatan Tambah Anggaran Belanja Program Luar Angkasa 874,2 Miliar
Korea Selatan tambah anggaran belanja program luar angkasa. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Korea Selatan menambah anggaran belanja program luar angkasa. Hal ini untuk memperluas industri luar angkasa domestik, mengembangkan kendaraan peluncur, dan meningkatkan pertahanan luar angkasa.

Dilansir dari Space News, total anggaran belanja Korea Selatan tahun ini sebanyak 874,2 miliar won atau $674 juta. Jumlah ini naik 19,5 persen dari tahun sebelumnya dan telah disetujui oleh Majelis Nasional.

Presiden Yoon Suk-yeol mengatakan, akan melipatgandakan anggaran ruang angkasa pemerintah dalam 5 tahun ke depan dan menyalurkan setidaknya 100 triliun won atau $76,8 miliar ke sektor ruang angkasa, pada 2045.



"Di masa depan, negara-negara dengan visi luar angkasa akan memimpin ekonomi dunia dan akan mampu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi umat manusia," katanya, dikutip Jumat (31/3/2023).

Bagian terbesar dari anggaran tersebut, akan digunakan untuk mengembangkan industri luar angkasa.



"Anggaran ini akan difokuskan pada pengembangan satelit sipil, termasuk sistem navigasi satelit milik negara yang akan diterapkan pada produk dan layanan komersial untuk sektor non-antariksa," jelasnya.

Militer Korea Selatan juga memanfaatkan anggaran ini untuk meluncurkan sejumlah satelit rahasia dalam memantau yang dekat dan konstan terhadap aktivitas militer di sekitar semenanjung Korea.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2299 seconds (0.1#10.140)