Tabrakan 2 Galaksi Taffy Ciptakan Bentuk Kupu-Kupu Kosmik yang Manis

Senin, 03 April 2023 - 18:04 WIB
loading...
Tabrakan 2 Galaksi Taffy Ciptakan Bentuk Kupu-Kupu Kosmik yang Manis
Tabrakan keras dua galaksi yang berjarak sekitar 180 juta tahun cahaya dari Bumi terekam teleskop paling kuat di dunia dan membentuk kupu-kupu kosmik. Foto/NoirLab
A A A
SANTIAGO - Tabrakan keras dua galaksi yang berjarak sekitar 180 juta tahun cahaya dari Bumi terekam teleskop paling kuat di dunia. Dampak tabrakan keras itu membentuk kupu-kupu kosmik manis yang tampak tenang mengepakkan sayapnya.

Galaksi yang bertabrakan, secara resmi diberi nama UGC 12914 dan UGC 12915, dijuluki Taffy Galaxies. Hasil tabrakan dua galaksi yang dimulai sekitar 25 juta tahun itu membentuk kosmis yang bengkok dan memanjang.

Gambar galaksi yang bertabrakan, yang terletak di arah konstelasi Pegasus, ditangkap oleh teleskop Gemini North di Hawaii. Serta teleskop Gemini South di Cile, salah satu teleskop pendeteksi optik terbesar dan tercanggih di dunia menggunakan cahaya infra merah.



Tabrakan galaksi seperti ini adalah peristiwa yang sangat transformatif dan mendorong evolusi alam semesta, yang memicu pembentukan bintang atau menghentikannya. Pencampuran material bintang dari dua galaksi melalui tabrakan dapat melahirkan awan gas dan debu molekul raksasa yang menjadi tempat pembentukan bintang yang intens.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh gambar menakjubkan ini, tabrakan ini juga dapat menciptakan wilayah di mana kelahiran bintang dibatasi. Gambar menunjukkan hasil yang tercipta saat galaksi-galaksi ini pulih dari benturan langsung dan sekarang menjauh satu sama lain.

Sementara pembentukan bintang berlanjut di sayap kupu-kupu kosmik yang luas ini, yang terdiri dari dua galaksi Taffy, ceritanya berbeda pada tubuh dan ekor kupu-kupu yang berwarna merah. Tubuh ini terdiri dari jembatan material yang membentang antara UGC 12914 dan UGC 12915 yang sangat bergolak.

Meskipun jembatan intergalaksi yang menghubungkan galaksi-galaksi ini penuh dengan bahan penyusun pembentukan bintang, kelahiran bintang dihentikan oleh pengadukan dan pemanasan yang hebat.



Seperti yang ditunjukkan oleh gambar Gemini North, wilayah tersebut terdiri dari untaian merah dan coklat. Itu merupakan gumpalan hidrogen dan filamen gas molekuler yang meregang saat galaksi-galaksi terpisah setelah tabrakan langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)