Tabrakan 2 Galaksi Taffy Ciptakan Bentuk Kupu-Kupu Kosmik yang Manis

Senin, 03 April 2023 - 18:04 WIB
loading...
A A A

Bagaimana Galaksi Bertabrakan?

Tabrakan antar galaksi dapat terjadi dalam beberapa cara berbeda dengan hasil yang berbeda-beda. Terkadang lengan spiral galaksi yang lebih besar terseret ke arah galaksi satelit yang lebih kecil yang akhirnya memicu tabrakan.

Galaksi kecil juga dapat bertabrakan dengan galaksi yang lebih besar ketika orbitnya berpotongan dengan badan utama galaksi yang lebih besar, Ini menyebabkan distorsi yang signifikan pada struktur kedua galaksi itu sendiri.

Jika kedua galaksi yang bertabrakan kekurangan momentum untuk menjauhkan mereka akan bercampur dan bergabung. Saat awan gas di galaksi tersebut berinteraksi, gas tersebut dapat dikompresi menjadi bidang padat sehingga memicu pembentukan bintang.



Tabrakan langsung seperti yang terlihat antara UGC 12914 dan UGC 12915 pada gambar ini berbeda. Untuk Galaksi Taffy, piringan galaksi dan komponen gas dari kedua galaksi bertabrakan dengan keras satu sama lain, menyebabkan injeksi energi besar-besaran ke dalam gas sehingga membuatnya sangat bergolak.

Saat UGC 12914 dan UGC 12915 pulih dari tabrakan ini dan menjauh satu sama lain, gas berkecepatan tinggi ditarik dari galaksi masing-masing. Ini menciptakan jembatan gas masif di antara mereka dengan turbulensi material bintang.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)