7 Hewan yang Sering Dianggap Pembawa Malapetaka, Ada di Sekitaran Rumah

Senin, 10 April 2023 - 14:35 WIB
loading...
7 Hewan yang Sering Dianggap Pembawa Malapetaka, Ada di Sekitaran Rumah
Sedikitnya ada tujuh hewan yang sampai saat ini dianggap membawa malapetaka. Salah satunya Kupu-Kupu. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh hewan yang sampai saat ini dianggap membawa malapetaka. Beberapa di antaranya sering berkeliaran di sekitar rumah .

Hewan memang terkadang mendatangkan keasyikan tersendiri. Selain menghibur, hewan juga terkadang dapat menghilangkan stres karena keunikannya. Meski begitu, terdapat beberapa hewan yang justru dianggap membawa malapetaka.


Hewan Pembawa Malapetaka

Berikut tujuh hewan yang sampai saat ini sering dianggap membawa malapetaka:

1. Kucing Hitam

Kucing hitam memang sejak dulu sudah dianggap sebagai hewan yang kerap mendatangkan kesialan atau malapetaka. Kepercayaan terhadap mitos yang satu ini telah dimulai sejak abad pertengahan.

Kepercayaan yang tidak berdasar ini menyebabkan kucing hitam paling sedikit diadopsi dan populasinya menjadi sulit untuk dikendalikan. Oleh karenanya, banyak warga Eropa yang menyebutnya sebagai hama.

2. Kupu-kupu

Kupu-kupu terkadang menjadi hewan yang sangat indah. Terlebih ketika hewan yang satu ini hinggap di bunga yang sudah mekar dan berwarna cerah.

Selain keindahannya, justru banyak masyarakat yang menganggap jika kupu-kupu sebagai hewan pembawa malapetaka. Hewan yang satu ini terkadang dipercaya sebagai pembawa bencana musim dingin yang sangat kejam.

3. Kelelawar

Di Polandia dan Cina, banyak yang melihat kelelawar sebagai tanda hidup bahagia dan panjang. Namun, banyak legenda mengaitkan kelelawar dengan cerita rakyat penyihir, mengatakan bahwa mereka bisa menjadi roh jahat yang menyamar.


4. Burung Hantu

Dikenal membawa keberuntungan baik dan buruk, keberadaan burung hantu telah ditulis ke dalam cerita rakyat tertua. Beberapa negara Afrika mempercayai burung hantu sebagai hewan pembawa pesan bagi dukun untuk berkomunikasi dengan dunia roh jahat.

5. Kumbang Hitam

Kumbang hitam juga kerap dianggap sebagai hewan yang akan membawa malapetaka. Hewan ini dipercaya akan mendatangkan kematian bagi seseorang. Oleh karenanya jika menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut perlu mengangkut kumbang keluar dengan aman.

6. Rubah

Selalu dikenal nakal dan cerdik, rubah menjadi hewan yang masuk dalam kategori pintar. Seekor rubah yang melintasi jalan sering dianggap sebagai keberuntungan, tetapi hati-hati jika ada sekelompok rubah, karena mereka dianggap sebagai pertanda kemalangan besar.

7. Burung Gagak

Munculnya suara gagak sering dianggap akan datangnya maut di beberapa kebudayaan wilayah Asia, termasuk Indonesia. Selain itu, burung yang satu ini juga dipercaya sebagai hewan pembawa malapetaka seperti akan terjadinya kecelakaan hingga gempa bumi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)