Ini Penampakan Matahari Paling Detail, Rekam Semburan Badai Tornado Plasma

Senin, 10 April 2023 - 23:52 WIB
loading...
Ini Penampakan Matahari Paling Detail, Rekam Semburan Badai Tornado Plasma
Dua astrofotografer Andrew McCarthy dan Jason Guenzel berhasil menampilkan penampakan matahari secara detail melalui karya foto yang diberi judul Fusion of Helios. Foto/Thisiscolossal/Image Courtesy of Andrew McCarthy and Jason Guenzel
A A A
FLORIDA - Dua astrofotografer Andrew McCarthy dan Jason Guenzel berhasil menampilkan penampakan matahari secara detail melalui karya foto yang diberi judul Fusion of Helios. Foto yang disusun bak puzzle ini terdiri dari 90.000 jempretan foto berbeda, mampu menampilkan korona matahari yang biasanya tak terlihat.

Lapisan korona merupakan bagian terluar dari matahari yang cenderung tersembunyi karena silau yang kuat dari cahaya matahari. Bahkan pancaran plasma yang dikenal sebagai spikula tampak seperti serat tipis yang menutupi permukaan matahari.

Sementara semburan plasma bak tiang yang tinggi terlihat menyembur dari kanan atas. Letusan matahari ini, oleh McCarthy disamakan dengan tornado yang membentang setinggi 14 kali planet Bumi sekitar 178.000 km dan berputar dengan cepat melepaskan bola plasma seukuran bulan.



“Untuk mendapatkan tampilan yang masuk akal secara ilmiah, kami menggunakan data SOHO NASA sebagai referensi untuk mengubah secara geometris foto gerhana Jason 2017 agar sesuai dengan fiturnya. Hasilnya adalah perpaduan antara sains dan seni, dan karya favorit saya yang pernah saya ikuti,” kata McCarthy dikutip dari laman thisiscolossal, Senin (10/4/2023).

Tampilan luar biasa pada matahari yang menampilkan detail atmosfernya yang bertekstur dan berapi-api. Guenzel mengatakan itu adalah gambar matahari yang "paling detail dan dinamis" yang pernah dia dan McCarthy hasilkan.
Ini Penampakan Matahari Paling Detail, Rekam Semburan Badai Tornado Plasma


Gambar tersebut, yang diberi judul Fusion of Helios, bukanlah sebuah jepretan tunggal melainkan sebuah mozaik luar biasa yang terdiri dari sekitar 90.000 gambar individual yang diambil oleh McCarthy dan diproses bersama dengan Guenzel. Awalnya, ada 200.000 gambar diambil untuk mencoba dan mendapatkan gambar yang sangat jelas dari cakram penuh Matahari.



Pengadukan fotosfer, beberapa bintik Matahari, dan gumpalan plasma serta penonjolan seperti tornado yang dramatis menghasilkan gambar yang luar biasa. Efek akhirnya benar-benar menakjubkan, sebuah karya seni yang dipenuhi keajaiban ilmiah.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)