Salip NASA, Robot Khusus Buatan 300 Mahasiwa Bakal Lebih Dulu Sampai ke Bulan

Selasa, 11 April 2023 - 11:26 WIB
loading...
Salip NASA, Robot Khusus Buatan 300 Mahasiwa Bakal Lebih Dulu Sampai ke Bulan
Rover bulan buatan mahasiswa Carnegie Mellon University akan terbang pada 4 Mei 2023 nanti. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Sebuah robot khusus atau rover buatan 300 mahasiswa dari Carnegie Mellon University (CMU) bakal lebih dulu sampai ke bulan ketimbang pesawat Artemis II milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau National Aeronautics and Space Administration (NASA). Direncanakan rover yang dinamakan Iris itu akan diterbangkan dari bumi ke bulan pada 4 Mei 2023 nanti.

Begitu sampai di bulan, Iris yang menurut Live Science ukurannya hanya sebesar kotak sepatu itu akan jadi rover pertama yang sampai ke bulan selama 65 tahun belakangan ini. Menariknya pembuatan dan pengiriman Iris itu justru sama sekali tidak melibatkan NASA.

Iris seluruhnya dibuat oleh mahasiswa Carnegie Mellon University. Selama proses pembuatan mereka dibantu oleh dosen serta alumni. Selama tiga tahun proses pengembangan dilakukan dan akhirnya akan menjalani prosesi penerbangan pada 4 Mei 2023 nanti.

Sebaliknya program pendaratan ke bulan milik NASA, Artemis II baru melakukan penerbangan pada November 2024. Artinya robot buatan para mahasiswa akan setahu lebih dulu sampai ke bulan.

"Kami memberikan segalanya untuk ini. Sekarang kesuksesan di bulan bergantung pada robot ini," jelas Raewyn Duvall, Program Manager for Iris dari Carnegie Mellon University.



Salip NASA, Robot Khusus Buatan 300 Mahasiwa Bakal Lebih Dulu Sampai ke Bulan


Datangnya Iris di bulan nanti justru akan jadi catatan menarik. Pasalnya rover itu akan lebih dulu sampai ketimbang pesawat luar angkasa Artemis II yang akan berangkat ke bulan tahun depan.

Saat itu Artemis II juga akan membawa rover khusus bernama VIPER (Volatiles Investigating Polar Exploration Rover). Hanya saja jika dibandingkan dari segi dimensi dan teknologi Iris sangat jauh berbeda dengan VIPER.

Iris hanya robot yang ukurannya sama seperti kotak sepatu. Beratnya juga hanya mencapai dua kilogram. Tugasnya pun sangat sederhana yakni hanya memotret permukaan bulan untuk kepentingan studi geografi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2206 seconds (0.1#10.140)