Spesifikasi Bom Udara FAB-500 Rusia, Berdaya Ledak Tinggi Setara 300 TNT

Kamis, 13 April 2023 - 15:14 WIB
loading...
Spesifikasi Bom Udara FAB-500 Rusia, Berdaya Ledak Tinggi Setara 300 TNT
Rusia menggunakan bom udara (aerial bombs) FAB-500 yang sudah dimodifikasi dalam pertempuran terbaru melawan Ukraina. Foto/Ace Combat/Sputnik
A A A
MOSKOW - Rusia menggunakan bom udara (aerial bombs) FAB-500 yang sudah dimodifikasi dalam pertempuran terbaru melawan Ukraina. Militer Ukraina pun mewaspadai bom udara FAB-500 berdaya ledak tinggi yang sudah dimodifikasi menjadi rudal jelajah.

Menurut Yurii Ihnat, juru bicara Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina, Rusia menggunakan bom udara FAB-500 yang dimodifikasi untuk menyerang wilayah dekat garis depan pertempuran. “Mereka (Rusia) menggunakan bom ini dari jarak yang tidak terjangkau oleh pertahanan udara Ukraina,” katanya dikutip SINDOnews dari laman Ukrainska Pravda, surat kabar online Ukraina, Kamis (13/4/2023).

Ihnat menambahkan, Rusia mungkin sedang bersiap untuk meningkatkan produksi bom FAB-500 yang akan dilengkapi dengan sayap dan navigasi GPS. Panglima Angkatan Udara Ukraina Mykola Oleshchuk juga memperingatkan tentang penggunaan bom FAB-500 oleh Rusia.

“Musuh semakin sering menggunakan bom udara berpemandu seberat 500 kg di sepanjang garis depan. Ada tanda-tanda persiapan untuk penggunaan massal 1.500 kg KAB,” kata Oleshchuk memperingatkan dalam postingan Telegram.



Dia menjelaskan bom udara FAB-500 ditembakkan pesawat Rusia jauh dari jangkauan sistem pertahanan Ukraina. “Pesawat Rusia tidak memasuki zona pertahanan udara, menyerang dari jarak jauh di garis depan dan kota-kota dekat garis depan,” ujarnya dikutip dari laman Newsweek.

Spesifikasi Bom Udara FAB-500

Bom udara FAB-500 ShN Rusia memiliki desain modern dan berdaya ledak tinggi (HE) dirancang khusus untuk dijatuhkan dari ketinggian rendah. Dikutip dari laman Collective Awareness To UXO, bom FAB adalah singkatan dari fugasnaya aviabomba yang berarti bom penghancur udara.
Spesifikasi Bom Udara FAB-500 Rusia, Berdaya Ledak Tinggi Setara 300 TNT


Tambahan casing tipis, bom ini dirancang untuk menghasilkan efek destruktif melalui ledakan tekanan besar dan menyebabkan jatuh banyak korban dari jarak jauh akibat fragmentasi casing. Selubung bom FAB-500 kira-kira setebal 10mm tetapi bagian ogive atau hidung yang bulat jauh lebih tebal, seperti pelat dasar di depan bagian ekor, untuk menambah kekuatan.

Ada casing bagian dalam yang tipis, dengan proyeksi berbentuk berlian, yang dirancang untuk membantu memecah casing menjadi potongan-potongan berukuran optimal. Bagian ekor yang berongga terbuat dari aluminium setebal tidak lebih dari 4 mm dan berisi mekanisme perlambatan parasut. Bagian ekor diamankan ke badan bom dengan sejumlah baut.



Laman Rosoboronexport menyebutkan, bom udara FAB-500 merupakan bom berdaya ledak tinggi yang dirancang untuk menghancurkan fasilitas industri militer. Bom udara FAB-500 memiliki diameter 400 mm, panjang 2.470 mm, berat 500 kg, dan ledakan setara 300 TNT. Bom ini juga digunakan untuk merusak persimpangan kereta api, kendaraan lapis baja ringan, benteng militer, dan personel.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2056 seconds (0.1#10.140)