Ini Dinasti Mesir Kuno yang Berkuasa Paling Lama, Memerintah Selama 250 Tahun

Senin, 17 April 2023 - 14:46 WIB
loading...
Ini Dinasti Mesir Kuno yang Berkuasa Paling Lama, Memerintah Selama 250 Tahun
Mesir Kuno diperintah selama ribuan tahun oleh serangkaian firaun atau para penguasa yang terkait satu sama lain atau memperoleh kekuasaan dari pendahulunya. Foto/world atlas/live science
A A A
KAIRO - Mesir Kuno diperintah selama ribuan tahun oleh serangkaian firaun atau para penguasa yang terkait satu sama lain atau memperoleh kekuasaan dari pendahulunya. Dinasti ke-18 Mesir kuno, yang berlangsung sekitar 250 tahun, merupakan dinasti terpanjang yang memerintah.

Setelah menganalisis catatan tertulis dan penanggalan radiokarbon, para ilmuwan sering membagi sejarah Mesir menjadi 30 dinasti. Diketahui Dinasti ke-18 adalah yang bertahan paling lama memerintah Mesir kuno mulai tahun 1550 SM sampai 1292 SM.

“Dinasti adalah dari keluarga yang sama secara turun temurun memerintah,” kata Marc Van De Mieroop, seorang profesor sejarah di Universitas Columbia, kepada Live Science, Senin (17/4/2023).



Dinasti ke-18 dimulai sekitar tahun 1550 SM, ketika firaun Ahmose mengusir Hyksos, sebuah kelompok yang berasal dari Asia yang telah menguasai sebagian Mesir kuno selama lebih dari satu abad.

“Dinasti (firaun) ke-18 berhubungan satu sama lain berdasarkan keturunan kecuali dua dinasti terakhir yang masa pemerintahannya sangat singkat,” lanjut Mieroop.

Para penguasa yang mengikuti Ahmose melebarkan wilayah yang dikuasai Mesir, menjadi sebuah kerajaan yang membentang dari Sudan modern hingga yang sekarang disebut Suriah. Di antara penguasa dinasti ke-18 adalah Tutankhamun, atau Raja Tut, seorang firaun yang makam utuhnya ditemukan kembali oleh tim arkeologi pimpinan Inggris pada tahun 1922.

Meskipun dinasti ke-18 adalah dinasti terpanjang yang memerintah Mesir kuno, Mieroop mengatakan, periode pemerintahan Yunani dan Romawi lebih panjang. Pemerintahan Yunani di Mesir dimulai pada 332 SM, ketika Alexander Agung menaklukkan Mesir.



Sebelum penaklukannya, wilayah itu dikuasai oleh Persia kuno. Setelah Alexander meninggal pada tahun 323 SM, kerajaannya runtuh dan Ptolemeus, salah satu jenderal Alexander, menjadi penguasa Mesir. Keturunannya memerintah Mesir selama hampir 300 tahun, sampai kematian Cleopatra VII pada 30 SM.
Ini Dinasti Mesir Kuno yang Berkuasa Paling Lama, Memerintah Selama 250 Tahun


Setelah kematian Cleopatra, kaisar Romawi Augustus memasukkan Mesir ke dalam Kekaisaran Romawi sebagai sebuah provinsi. Meskipun kaisar Romawi jarang mengunjungi Mesir, karya seni yang bertahan menunjukkan bahwa mereka tetap dianggap sebagai firaun.

Sementara Kekaisaran Romawi Barat jatuh pada tahun 476 M, Kekaisaran Romawi Timur (sering disebut Kekaisaran Bizantium), yang berbasis di Konstantinopel, melanjutkan dan menguasai Mesir hingga tahun 646 M, ketika Kekhalifahan Rashidun merebutnya.

“Dinasti Mesir benar-benar hanya konstruksi retrospektif. Tidak sampai sekitar 300 SM. Banyak firaun dalam sebuah dinasti tidak memiliki hubungan keluarga langsung,” tutur Michael Dee, profesor kronologi isotop di Universitas Groningen di Belanda.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)