Kondisi Mengerikan di 3 Negara Asia yang Dilanda Cuaca Panas Ekstrem

Selasa, 25 April 2023 - 13:26 WIB
loading...
Kondisi Mengerikan di 3 Negara Asia yang Dilanda Cuaca Panas Ekstrem
Cuaca Panas Ekstrem membuat aspal jalan-jalan di India meleleh. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Negara-negara di kawasan Asia diprediksi akan dilanda cuaca panas ekstrem, seperti di India, Thailand, dan Indonesia.



Departemen Meteorologi Thailand telah mengeluarkan peringatan suhu tinggi dan peringatan bahwa paparan panas yang berkepanjangan dapat menyebabkan sengatan panas atau sengatan matahari.

Phuket, distrik Bangna di Bangkok dan Laem Chabang di Chonburi di Thailand diperkirakan akan dilanda cuaca terpanas dengan indeks panas diprediksi melebihi 54 derajat Celcius.

“Selain itu, indeks panas di Phetchabun diperkirakan mencapai 48,1 derajat Celcius dan distrik Kosum Phisai di Maha Sarakham diprediksi mencapai 44,5 derajat Celcius, yang merupakan tingkat berbahaya. Paparan yang terlalu lama dapat menyebabkan sengatan matahari, kram, dan kelelahan akibat panas,” menurut departemen.

Cuaca panas di Thailand diperkirakan masih akan berlanjut hingga Rabu depan karena suhu di wilayah utara bisa mencapai 44 derajat Celcius.

Suhu di wilayah timur laut, tengah, dan timur diperkirakan mencapai 42 derajat Celcius sedangkan suhu di selatan 39 derajat Celcius.

Di India, dalam rekaman video terlihat permukaan jalan yang cair seperti habis diguyur hujan.

Diketahui, jalan sepanjang 200 meter (m) yang menghubungkan Jembatan Chandra Shekar Azad dan Adajan Patiya baru diaspal pada 11 April lalu.

Namun, peningkatan suhu panas sejak sepekan terakhir menyebabkan permukaan jalan mencair dan mengganggu arus lalu lintas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)