Hilangkan Rasa Kesepian Burung Beo dengan Video Call Sesama Burung

Kamis, 27 April 2023 - 13:32 WIB
loading...
Hilangkan Rasa Kesepian Burung Beo dengan Video Call Sesama Burung
Ilustrasi burung beo video call. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Burung beo merupakan spesies yang sangat sosial. Saat dipelihara oleh manusia, burung beo sangat kesepian, karena terisolasi dari kawanan dan hewan lainnya.

Dilansir dari CBC News, Northeastern University di Boston, berhasil menemukan cara menghilangkan kesepian pada burung beo. Caranya adalah dengan membuat aplikasi panggilan video untuk burung beo.

"Burung beo diajarkan untuk menghubungi rekan-rekan mereka dengan aplikasi panggilan video," tulis laman itu, dikutip Kamis (27/4/2023).



Asisten profesor dan co-researcher Rébecca Kleinberger menambahkan, spesies burung beo hidup dalam kawanan besar. Ketika mereka hidup dengan manusia, mereka akan terisolasi dari burung lain.

"Itu dapat menyebabkan kesepian dan kebosanan yang meningkat," ungkapnya.

Dengan aplikasi itu, burung beo diajarkan cara berhubungan dengan hewan lain dengan membunyikan lonceng.

"Kemudian, pemiliknya membawa iPad dengan pilihan burung dan burung beo akan memilih mana yang ingin mereka hubungi melalui video. Penting untuk membiarkan burung beo untuk memilih teman mereka," paparnya.



Rebecca Meagher, asisten profesor di Departemen Ilmu & Akuakultur Hewan Universitas Dalhousie menambahkan, penelitian ini sangat berguna dalam mengatasi rasa kesepian pada hewan.

Dia mengatakan, telah melakukan pekerjaan serupa, dengan menampilkan video hewan lain untuk primata.

"Jenis pendekatan teknologi ini memiliki aplikasi potensial untuk banyak hewan yang disimpan sebagai teman atau di kebun binatang dan di pertanian, jika mereka harus ditempatkan sendiri," tukasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)