Diklaim Lebih Unggul dari Tank Tempur Abrams dan Leopard, Inilah Kelebihan T-14 Armata Milik Rusia

Kamis, 27 April 2023 - 16:58 WIB
loading...
Diklaim Lebih Unggul dari Tank Tempur Abrams dan Leopard, Inilah Kelebihan T-14 Armata Milik Rusia
Terdapat cukup banyak tank tempur canggih dengan kekuatan mengerikan yang dimiliki negara-negara besar. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat cukup banyak tank tempur canggih dengan kekuatan mengerikan yang dimiliki negara-negara besar. Dari sekian banyak contoh, bisa disebutkan seperti tank Abrams (AS), Leopard (Jerman), hingga T-14 Armata (Rusia).

Pada konfliknya dengan Ukraina yang masih terus berlanjut, Rusia dikabarkan mulai mengerahkan tank T-14 Armata. Mengutip laman EurAsian Times, Kamis (27/4/2023), berbagai laporan yang tersebar menyebutkan tank tersebut telah terlihat dalam pertempuran.

Meski sebelumnya dikabarkan telah ditolak pasukannya sendiri, namun tank T-14 Armata Rusia ini memiliki berbagai fitur canggih. Deretan kelebihan yang dimilikinya diklaim menjadi jawaban untuk mengungguli tank negara Barat seperti M1 Abrams (Amerika Serikat), Challenger 2 (Inggris), hingga Leopard 2 (Jerman).


Kelebihan Tank Tempur T-14 Armata Rusia

Kantor berita RIA Novosti melaporkan bahwa tank T-14 Armata Rusia dibekali turret yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Fitur tersebut memberikan peningkatan akurasi dan keselamatan awaknya.

Selain itu, T-14 Armata juga dilengkapi sistem pertahanan dengan sensor yang bisa mendeteksi sekaligus meluncurkan muatan pencegat guna menetralisir rudal atau peluru anti-tank yang datang dari musuh. Kemampuan tersebut tentu semakin meningkatkan efektivitasnya di medan perang.

Pada sebuah wawancara, Mayor Jenderal Sergey Lipova yang dikenal sebagai Pahlawan Rusia menyebut tank T-14 Armata memiliki sederet keunggulan dari tank buatan negara Barat.



Kelebihan pertama datang dari desain yang dimilikinya. Dalam hal ini, T-14 Armata menawarkan perlindungan lebih besar kepada para awak yang bertugas di dalamnya.

Berbeda dengan tank barat yang biasa menempatkan awaknya secara merata di dalam lambung tank, T-14 Armata menyediakan tempat untuk awaknya di kapsul lapis baja terpisah.

Desain tersebut membuat keselamatan para awak di dalamnya lebih terjamin. Terlebih apabila senjata anti-tank musuh mengenai bagian T-14 Armata.

Keunggulan lain yang dimiliki tank Rusia ini adalah bobotnya lebih ringan jika dibandingkan tank buatan Barat. Kelebihan tersebut meningkatkan kemampuan manuvernya di medan tempur, terutama di daerah berawa.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)