Ilmuwan Berhasil Analisa Komposisi Inti Lapisan Bulan, Ternyata Mirip Struktur Bumi

Jum'at, 05 Mei 2023 - 14:23 WIB
Teka-teki tentang bagaimana komposisi inti lapisan bulan akhir berhasil diungkap ilmuwan dengan menggunakan data seismik. Foto/Science Alert/NASA
PARIS - Teka-teki tentang bagaimana komposisi inti lapisan bulan akhir berhasil diungkap ilmuwan dengan menggunakan data seismik. Para ilmuwan menemukan inti bulan sangat mirip dengan Bumi , berupa inti dalam yang padat dan lapisan luar yang cairan.

Sebuah tim yang dipimpin astronom Arthur Briaud dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Prancis di Prancis melakukan penelitian komposisi inti lapisan bulan dengan data seismik. Caranya, gelombang akustik yang dihasilkan gempa bergerak dan dipantulkan dari material di dalam planet atau bulan.

“Kami kebetulan memiliki data seismik bulan yang dikumpulkan oleh misi Apollo, tetapi resolusinya terlalu rendah untuk menentukan keadaan inti dalam secara akurat. Namun,diketahui ada cairan inti luar dan model inti dalam yang padat,” kata Arthur Briaud dikutip dari laman Science Alert, Jumat (5/5/2023).

Mereka menemukan inti bulan sangat mirip dengan Bumi, lapisan cairan luar dan inti dalam yang padat. Menurut pemodelan, inti luar memiliki radius sekitar 362 kilometer dan inti dalam memiliki radius sekitar 258 kilometer. Artinya ukuran itu sekitar 15 persen dari seluruh radius bulan.

Pada inti dalam bulan memiliki kepadatan sekitar 7.822 kilogram per meter kubik. Berarti kepadatan itu sangat mirip dengan kerapatan besi. Penemuan ini mirip dengan penelitian ilmuwan planet NASA Marshall Renee Weber pada tahun 2011menggunakan teknik seismologi mutakhir pada data Apollo.

Mereka menemukan bukti adanya inti dalam yang padat dengan radius sekitar 240 kilometer, dan kepadatan sekitar 8.000 kilogram per meter kubik. “Penemuan ini mengonfirmasi kebenaran inti bulan yang mirip Bumi. Ini memiliki beberapa implikasi menarik bagi evolusi bulan,” kata Briaud.

Diketahui bulan memiliki medan magnet yang kuat, yang mulai menurun sekitar 3,2 miliar tahun lalu. Medan magnet seperti itu dihasilkan oleh gerakan dan konveksi di inti bulan. Jadi terbuat dari apa inti bulan, sangat relevan dengan bagaimana dan mengapa medan magnet menghilang.